Breaking News:

Berita Subulussalam

Ramadhan Segera Tiba, Tokoh Agama Berharap Tidak Ada Bunyi Petasan

Tokoh agama di Subulussalam mengingatkan agar tidak ada gangguan suara petasan atau mercon selama bulan puasa mendatang.

hand over dokumen pribadi
Ustaz Drs M Ya’kub KS MM 

Laporan Khalidin | Subulussalam

SERAMBINEWS.COM, SUBULUSSALAM – Dua pekan menjelang Ramadhan 1442 Hijriah, tokoh agama mengingatkan agar tidak ada gangguan suara petasan atau mercon selama bulan puasa mendatang.

Harapan itu disampaikan Ustaz Drs M Ya’kub KS MM, saat menjadi khatib shalat, Jumat (2/4/2021) di Masjid Agung Subulussalam, Kota Subulussalam.

Menurut Ustaz Ya’kub, ramadhan merupakan salah satu bulan suci yang sangat diagungkan umat muslim dan dimuliakan namun acapkali dicekcoki dengan tindakan kurang terpuji seperti suara petasan atau mercon.

Selama ini, kata Ustaz Ya’kub bulan ramadhan, identik dengan bunyi petasan setiap malam yamg dimainkan oleh anak-anak selepas berbuka.

Kondisi ini dinilai mengganggu kekhusukan umat muslim dalam melaksanakan ibadah bulan ramadhan.

Untuk itu, Ustaz M Ya’kub berharap agar semua pihak dapat mengawasi, mengintrol aksi petasan selama bulan Ramadhan mendatang.

Baca juga: Hadapi Persib, Persiraja Langsung Turun Dua Legiun Asing

Baca juga: Dandim Aceh Utara dan Kapolres Lhokseumawe Pantau Tempat Ibadah

Baca juga: Link Live Streaming Acara Akad Nikah Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Besok Siang!

Diakui, jual beli petasan menjadi salah satu usaha menghasilkan rupiah karena barang itu laris manis selama bulan puasa.

Hasanya saja, suara petasan sangat mengganggu kekhusukan umat muslim dalam menjalankan ibadah selama bulan puasa.

“Satu sisi jual beli petasan menghasilkan uang bagi pedagang tapi perlu dipikirkan bagaimana dampaknya, mengganggu kekhusukan umat dalam melaksanakan ibadah selama bulan puasa,” ujar Ustaz Ya’kub

Lantaran itu, Ustaz Ya’kub berharap agar para pedagang tidak lagi memperjualbelikan petasan selama bulan puasa karena sangat mengganggu orang lain disamping juga membahayakan.

Baca juga: Kecamatan Juli Targetkan Masuk Tiga Besar di MTQ Bireuen

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Pasar Murah Jelang Ramadhan di Bener Meriah, Ini 4 Lokasi dan Rincian Harganya

Baca juga: BREAKING NEWS - Nasib Pilkada Aceh Ditentukan Malam Ini

Di sisi lain, masyarakat juga meminta aparat keamanan baik pihak kepolisian maupun Satpol PP Kota Subulussalam diminta untuk mengawasi penggunaan petasan atau mercon.

Sebab, selama ini setiap memasuki bulan puasa penjualan petasan di Subulussalam dilaporkan mulai marak sehingga meresahkan masyarakat setempat.

Akibat maraknya suara petasan bukan hanya menganggu aktivitas umat dalam beribadah tapi tak jarang membahayakan masyarakat luas.(*)

Penulis: Khalidin
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved