Breaking News:

Operasi Amfibi

Koarmada I Gencarkan Operasi Amfibi di Selat Jawa

Latihan dan gelar pasukan ini bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kemampuan unsur-unsur utama dan pendukung dalam melaksanakan Operasi Amfibi.

Dok Koarmada I
Kepala Staf Komando Armada I (Kaskoarmada I) Laksma TNI Bambang Irwanto, MTr (Hanla), CHRMP, mewakili Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K SE MM, memimpin apel gelar pasukan Latihan Operasi Amfibi Tahun 2021 di dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/4/2021). 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Komando Armada I (Kaskoarmada I) Laksma TNI Bambang Irwanto, MTr (Hanla), CHRMP, mewakili Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K SE MM, memimpin apel gelar pasukan Latihan Operasi Amfibi Tahun 2021 di dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/4/2021).

Latihan Operasi Amfibi Tahun 2021 yang mengambil tema “Koarmada I melaksanakan Latihan Operasi Amfibi di Jakarta, Laut Jawa dan Dabo Singkep dalam rangka merebut kembali wilayah kedaulatan NKRI” bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) serta mensinergikan kemampuan unsur-unsur utama dan pendukung dalam melaksanakan Operasi Amfibi.

Dalam keterangan tertulis kepada Serambinews.com, Selasa (6/4/2021) yang dibacakan oleh Kaskoarmada I Pangkoarmada I, Laksda TNI Abdul Rasyid K, mengatakan gelar pasukan yang dilaksanakan ini, bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan, baik materiil maupun personel peserta latihan secara nyata. 

"Latihan sudah berlangsung yang dilaksanakan selama delapan belas hari. Dimulai pada tanggal 29 Maret 2021 lalu dan berlangsung hingga 15 april 2021," jelasnya. 

"Latihan Operasi Amfibi Koarmada I Tahun 2021 akan melibatkan sebanyak 1200 personel, 7 KRI, 5 pesawat udara, 10 kendaraan tempur yang terdiri dari BTR-50 6 unit dan BMP-3F sebanyak 4 unit, dengan daerah latihan di Jakarta, Laut Jawa, Laut Natuna Utara dan Dabo Singkep. latihan ini juga sekaligus sebagai latihan Pra-Armada Jaya yang dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan awal Juli 2021" Lanjutnya. 

Diakhir sambutannya, Pangkoarmada I menekankan kepada seluruh personel yang terlibat untum perhatikan keamanan latihan dengan menepati semua prosedur yang telah ditetapkan, dengan per- hitungan yang cermat dan pertimbangan yang logis.

Baca juga: Live Streaming Real Madrid Vs Liverpool di Liga Champions Malam Ini Pukul 02.00 WIB

Baca juga: UPDATE Korban Banjir Bandang dan Longsor di NTT, 117 Orang Meninggal dan 76 Masih Dalam Pencarian

Baca juga: Bikin Heboh Satu Arab, 15 Wanita Ini Berpose tanpa Busana di Balkon Gedung Pencakar Langit

Baca juga: Rumah Wanita Ini Dirampok, Tangan Diikat dan Rambut Dijambak, Pelaku Kabur Usai Kuras Harta Korban

Selain itu juga ditekankan untuk melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan profesionalisme dan menguji kesiapan tempur Koarmada I serta mengutamakan keselamatan personel dan materiil.

Terakhir Pangkoarmada berpesan untuk melaksanakan purba jaga serta mempedomani prosedur protokol covid-19 dalam setiap kegiatan latihan.

"Pentingnya tindakan purba jaga yang profesional dan proporsional, guna mencegah terjadinya kecelakaan dan kerugian baik personel maupun material yang tidak kita inginkan, oleh karena itu laksanakan semua prosedur secara cermat dan benar dalam rangka mewujudkan “zero accident” di setiap kegiatan dan mematuhi prosedur protokol covid-19 selama melaksanakan latihan" Pungkasnya. 

Halaman
12
Penulis: Zaki Mubarak
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved