Breaking News:

Berita Bener Meriah

Koperasi Konvensional di Bener Meriah Siap-Siap Wajib Beralih ke Syariah

Koperasi konvensional selama ini beroperasional di Provinsi Aceh, termasuk di Bener Meriah, siap-siap berbenah diri untuk beralih ke sistem syarih

FOR SERAMBINEWS.COM
Peserta mengikuti bimbingan teknis (bimtek) Perubahan Koperasi Konvensional ke Sistem Syariah di Banda Aceh sejak 5-7 April 2021 

Laporan Budi Fatria | Bener Meriah

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Koperasi konvensional yang selama ini beroperasional di Provinsi Aceh, termasuk di Bener Meriah, siap-siap berbenah diri untuk beralih ke sistem syariah. 

Dalam mengawasi peralihan dan jalannya koperasi syariah, nantinya terdapat lembaga pengawas syariah.

Perubahan pelaksanaan sistem koperasi di Aceh ini, merupakan konsekuensi dari berlakunya Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS). 

Baca juga: Mantan Napi Teroris Temui Dandim Aceh Utara 

Hal tersebut dilaporkan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Bener Meriah melalui Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Hasra yang mengikuti bimbingan teknis (bimtek) Perubahan Koperasi Konvensional ke Sistem Syariah di Banda Aceh sejak 5-7 April 2021.

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh yang diwakilkan Amiruddin, SE MM selaku sekretaris diikuti 50 peserta yang terdiri atas pengurus/pengelola koperasi Kabupaten/Kota Se-Aceh. 

"Pada Pasal 65 Qanun LKS menyebutkan bahwa lembaga keuangan yang beroperasi di Aceh, wajib berprinsip syariah. Tenggang waktu peralihan ke syariah paling lama tiga tahun sejak Qanun LKS diundangkan," kata Hasra.

Baca juga: Komandan Brimob Meninggal, Begini Kondisi 20 Anggota Polda Maluku Setelah Divaksin AstraZeneca

Lebih lanjut Hasra mengungkapkan berdasarkan data yang telah diinventarisir, terdapat lebih kurang 253 unit koperasi.

"Dari jumlah tersebut, yang aktif ±104 Unit. Yang telah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) baru 10 unit. Dan yang telah memiliki sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) hanya 23 Unit," papar Hasra. 

Melihat kondisi ini, kata Hasra, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Bener Meriah terus berpacu berbenah untuk kelancaran peralihan dan berjalannya koperasi syariah di Bener Meriah. 

Baca juga: Dua Ibu Muda Bawa Bayi Jalani Hukuman di Lapas Perempuan Sigli, Ini Kasusnya

Hasra berharap semua pihak atau stakeholder yang terlibat, bekerja sama membenahi yang perlu dipersiapkan bahan dan diperbaiki mekanisme koperasinya.

"Kita memulainya dengan menyatukan persepsi kepada seluruh pengurus koperasi. Kita akan kontinu mendorong koperasi melakukan RAT dan bersama membenahi dan mengevaluasi progress peralihan koperasi konvensional ke koperasi syariah," tutup Hasra.(*) 

Baca juga: 50 Kg Sabu dan 149 Kg Ganja Gagal Diselundupkan, Kapolda Aceh: 638.000 Generasi Emas Aceh Selamat

Penulis: Budi Fatria
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved