Breaking News:

Internasional

AS Setuju Siapkan Sisa Tentaranya Sebagai Pelatih dan Penasihat Pasukan Irak

Amerika Serikat setuju mengerahkan kembali pasukan tempur yang tersisa dari Irak setelah pembicaraan di Washington pada Rabu (7/4/2021).

AFP
Tentara AS yang masih bertugas di Irak 

SERAMBINEWS.COM, WASHINGTON - Amerika Serikat setuju mengerahkan kembali pasukan tempur yang tersisa dari Irak setelah pembicaraan di Washington pada Rabu (7/4/2021).

Setiap pasukan Amerika yang tersisa di negara itu akan fokus pada tugas pelatihan dan penasehat.

Dilansir AP, hal itu berdasarkan pernyataan bersama dari Irak dan AS yang mengatakan militer Irak telah membuat kemajuan substansial.

Kedua negara menegaskan kembali niat bersama mereka untuk melanjutkan koordinasi dan kerja sama keamanan bilateral, kata pernyataan itu.

Baca juga: Raja Salman Pimpin Rapat Mingguan Dewan Menteri, Bahas Jordania, Irak Sampai Pandemi Virus Corona

Pengumuman itu muncul setelah Dialog Strategis AS-Irak yang diadakan pada Rabu (7/4/2021) dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan mitranya Fuad Hussein.

Waktu penarikan akan diputuskan dalam pembicaraan teknis mendatang, kata pernyataan itu.

“Transisi AS dan pasukan internasional lainnya dari operasi tempur ke pelatihan, melengkapi, dan membantu ISF mencerminkan keberhasilan kemitraan strategis," tambahnya.

"Juga memastikan dukungan upaya berkelanjutan ISF untuk memastikan Daesh (Daesh) tidak akan pernah lagi mengancam stabilitas Irak, " ujarnya.

Baca juga: Perdana Menteri Irak Temui Putra Mahkota Abu Dhabi

Pengumuman itu muncul ketika faksi paramiliter Syiah yang terkait dengan Iran terus melancarkan serangan terhadap pasukan AS yang ditempatkan di negara itu hampir setiap hari.

Selama pembicaraan, Irak menegaskan kembali komitmennya untuk melindungi personel, konvoi, dan fasilitas diplomatik milik anggota Koalisi Global untuk Mengalahkan ISIS.

Halaman
12
Editor: M Nur Pakar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved