Breaking News:

Kabar Baik, Arab Saudi Buka Kesempatan Bagi Jamaah Haji Asal Indonesia, Jumlahnya Terbatas

Pemerintah Arab Saudi menyatakan ada kesempatan bagi jamaah haji asal Indonesia (RI) dengan jumlah terbatas di tahun ini.

AFP
Umat Muslim berdoa di sekitar Ka'bah di kompleks Masjidil Haram, tempat suci paling suci Islam, di kota suci Mekkah di Arab Saudi pada 1 November 2020. Otoritas Saudi sebelumnya telah mengumumkan bahwa tahap ketiga dari perluasan lokasi ibadah dimulai 1 November akan mengizinkan pengunjung dari luar negeri. Batas jemaah umrah kemudian akan dinaikkan menjadi 20.000, dengan total 60.000 jamaah diperbolehkan. 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Kabar baik bagi calon jamaah haji asal Indonesia.

Pemerintah Arab Saudi menyatakan ada kesempatan bagi jamaah haji asal Indonesia (RI) dengan jumlah terbatas di tahun ini.

Kabar baik ini disampaikan oleh Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi di konferensi pers peluncuran buku 'Duta antara Dua Kutub', Kamis (8/4/2021).

"Tentu," kata Dubes Esam kendati dia tidak bisa menyebutkan secara rinci kapan pemerintah Saudi mengumumkan kepastian haji tersebut.

Dubes Esam berujar Arab Saudi saat ini masih menghdapai situasi pandemi seperti negara lainnya.

Baca juga: Keluarga Tolak Otopsi Mayat Membusuk Ditemukan di Kebun Jagung, Polisi Tetap Lakukan Penyelidikan

Baca juga: Modus Minta Tolong, Dua Pelajar di Langsa Dijambret hingga HP Raib Dibawa Kabur

Oleh karena itu pihaknya masih mempersiapkan sejumlah regulasi untuk memastikan kesehatan para jamaah haji.

"Kami juga harus memastikan kesehatan para jamaah haji. Harus mempersiapkan regulasi, sosial distancing," katanya.

Pemerintah Saudi juga harus memastikan kesehatan para jamaah haji yang akan datang, sampai kembali ke negara asalnya masing-masing demi kemaslahatan bersama.

Sementara itu, Direktur Wahid Foundation, Yenny Wahid mengatakan tahun ini pasti ada restriksi dalam penyelenggaran haji.

Namun ia mengapresiasi niat Arab Saudi untuk menaikan jumlah kuota jamaah haji asal Indonesia yang ditargetkan mencapai 10 juta di tahun 2030.

Hal itu merupakan kabar yang menggembirakan bagi jamaah haji Indonesia karena menanti antrian yang panjang.

"Tahun 2030 nanti mereka siap meningkatkan jumlah jamaah yang bisa berkunjung ke Saudi yang saat ini berjumlah 2 juta meningkat menjadi 4 juta. Nanti di 2030 bisa mencapai 10 juta. Ini berita menggembirakan untuk Indonesia, karena antriannya panjang sekali bagi jamaah kita untuk bisa mengunjungi Saudi," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Breaking News: Arab Saudi Buka Opsi Haji Bagi Jamaah RI Dalam Jumlah Terbatas

Baca juga: Dulu Sempat Viral Tertidur 13 Hari, Echa Kini Kembali Tertidur dan Sudah 4 Hari Tak Bangun

Baca juga: 44 Tahun Dikelola Yayasan Harapan Kita, TMII Kini Diambil Alih Negara

Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved