Breaking News:

Peringatan HUT Abdya Berlangsung Khidma dan Sederhana

HUT ke-19 Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang jatuh pada Sabtu (10/4/2021) diperingati secara sederhana

Editor: bakri
SERAMBINEWS/ZAINUN YUSUF
Bupati Abdya, Akmal Ibrahim bersama Wakil Bupati, Muslizar MT foto bersama usai upacara HUT ke-19 Kabupaten Abdya tahun 2021 diperingati di halaman Kantor Bupati setempat, Sabtu (10/4/2021) pagi. 

HUT ke-19 Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang jatuh pada Sabtu (10/4/2021) diperingati secara sederhana. Upacara peringatan pagi kemarin digelar secara sederhana di halaman Kantor Bupati dengan jumlah peserta yang dibatasi.

Meski sederhana, dirgahayu daerah berjuluk ‘Bumoe Breuh Sigupai’ itu tetap berlangsung khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan (protkes) secara ketat. Ketua DPRK Abdya, Nurdianto, bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan Danramil Babahrot, Kapten Inf Muhammad Arifin dipercaya sebagai komandan upacara.

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim SH bersama Wakil Bupati Muslizar MT juga hadir mengikuti upacara. Termasuk Dandim 0110, Letkol Inf Arip Subagiyo SIP, Kapolres AKBP Muhammad Nasutian SIK, Kajari diwakili Kasi Pidsus, Riki Guswandri SH, Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Tgk Muhammad Dahlan, beberapa mantan Panitia Pembentukan Kabupaten Abdya, serta sejumlah pejabat daerah dan anggota dewan.

Seperti peringatan hari jadi Abdya tahun sebelumnya, Fackhri A Rahim SH, juga membacakan sinopsis Sejarah Perjuangan Pembentukan Kabupaten Abdya dengan nada narasi sangat memukau.

Sejarah perjuangan kelahiran Abdya dipaparkan secara singkat yang dimulai sejak era tahun 60-an sampai lahir Kabupaten Abdya, pecahan dari Kabupaten Aceh Selatan dengan ditetapkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2002 pada tanggal 10 April 2002.  

Sinopsis tersebut buah karya Fackhri A Rahim, dan kali ini dengan editor spesial, Akmal Ibrahim dan Muslizar MT Fackhri juga salah seorang mubaliq, dan Ketua Sayembara Lambang Abdya tahun 2002.

Amanat Ketua DPRK

Ketua DPRK Abdya yang bertindak selaku ispektur upacara, Nurdianto, dalam amanatnya mengatakan, HUT ke-19 Kabupaten Abdya menjadi momentum yang sangat penting bagi semua pihak untuk melakukan evaluasi serta memperbaiki perencanaan ke depan yang lebih baik lagi.

“Mari kita bersatu padu sesuai tugas dan kewenangan yang melekat pada kita untuk mewujudkan pembangunan demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Abdya,” katanya.

Nurdianto menambahkan, tanggal 10 April tahun 2002 sangat bersejarah bagi sebuah daerah yang dulunya merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Aceh Selatan. Kini,  telah menjelma menjadi sebuah Kabupaten Abdya dengan berbagai potensi luar biasa.

Nurdianto mengatakan, sejarah yang dimiliki Abdya agar dijadikan sebuah pijakan untuk terus berbenah, agar setiap tahunnya mengalami kemajuan dalam semua sektor pembangunan.

Ketua DPRK Abdya itu juga mengapresiasi keberhasilan yang dicapai pemerintahan di bawah pimpinan Akmal Ibrahim bersama Muslim MT, karena banyak prestasi yang diukir yang dapat di kenang. Di antara keberhasilan itu adalah penurunan tingkat pengangguran terbuka dan penurunan persentase kemiskinan di tahun 2020.

“Dan yang sangat membanggakan, Kabupaten Abdya berhasil mendapatkan penghargaan berupa sertifikat unggul bibit jengkol nasional dari Pemerintah Pusat. Ini merupakan prestasi yang luar biasa. Sekali lagi, kami mengucapkan selamat kepada pemerintah Akmal- Muslizar,” ungkapnya.

Rangkaan peringatan HUT ke-19 Kabupaten Abdya, ditutup dengan doa yang dibacakan Kabid Pengembangan Sumber Daya Syariat Islam pada Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah, Aufa Safrijal Putra Lc MA.(ABD)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved