Breaking News:

Unimal Siapkan 14 Ruang untuk Peserta SBMPTN Capai 3.264 Orang

Universitas Malikussaleh (Unimal) sudah menyiapkan 14 ruangan di dua kampus untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

hand over dokumen pribadi
Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng 

LHOKSEUMAWE – Universitas Malikussaleh (Unimal) sudah menyiapkan 14 ruangan di dua kampus untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mulai Senin (10/4/2021). Ruangan yang disiapkan tersebut sudah tersedia personal computer (PC) dan tersambung dengan jaringan internet.

“Total peserta UTBK yang memilih Unimal tahun ini mencapai 3.264 orang,” ujar Rektor Unimal, Dr Herman Fithra ASEANEng kepada Serambi, Sabtu (10/4/2021). Dari jumlah itu, 1.468 peserta atau 44,98 persen memilih jalur Sains dan Teknologi (Saintek). Kemudian 1.130 peserta atau 34,62 persen memilih jalur Sosial Hukum (Soshum).

Sedangkan sisanya 666 peserta atau 20,40 persen memilih jalur campuran. “14 ruangan yang kita siapkan tersebut, 13 berada di Kampus Bukit Indah, Kecamatan Muara Satu, dan satu ruangan lagi berada di Kampus Uteunkot, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe,” ujar Rektor Unimal.

Jumlah computer yang disiapkan dalam 14 ruangan tersebut mencapai 483 unit. “Infrastruktur dan PC yang ada di Unimal diproyeksikan untuk menampung 5.000-an peserta UTBK, ternyata yang memilih lokasi ujian UTBK di Unimal tidak mencapai target, sehingga lokasi ruang komputer Kampus Reuleut tidak digunakan,” kata Dr Herman.

Untuk pelaksanaan ujian gelombang pertama mulai 12 sampai 18 April 2021. Sedangkan pelaksanaan UTBK gelombang kedua akan berlangsung mulai 26 April sampaikan dengan  2 Mei 2021 mendatang. Pengumuman UTBK tersebut dijadwalkan akan disampaikan pada 14 Juni 2021.

“Khusus hari Jumat, sesi siang kita minta jadwalnya diundur dari sebelumnya pukul 13.45 WIB menjadi pukul 14.00 WIB,” kata Herman.  Sehingga, peserta laki-laki bisa mengikuti shalat Jumat sebelum mengikuti UTBK. Sedangkan jadwal lainnya mengikuti sebagaimana sudah ditetapkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“Kita juga sudah menyiapkan ratusan dosen yang akan bertugas mengawasi pelaksanaan UTBK tersebut, dan juga penanggung jawab ruangan selama pelaksanaan,” katanya. Bahkan, hari ini, pengawas sudah melakukan pengarahan untuk persiapan ujian.

Pada sisi lain, Rektor Unimal juga menyebutkan, di dua tempat UTBK tersebut juga sudah ada petunjuk jalan agar memudahkan peserta nantinya menjangkau ke lokasi. Karena, peserta dijadwalkan sudah berada dalam ruangan sebelum pukul 07.00 WIB. “Tapi, kebanyakan peserta UTBK berasal dari Aceh,” ujar Dr Herman.

Namun, bagi peserta dari luar daerah yang mengikuti UTBK di Unimal juga dapat melihat lokasi ujian pada Minggu (11/4/2021). “Untuk ini kita adakan juga mengikuti protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan juga menjaga jarak serta menggunakan masker. Bagi peserta dari luar daerah harus menunjukkan bukti tes antigen,” ujar Rektor.

Herman juga menambahkan, pihaknya juga sudah memberitahukan kepada PLN terkait jadwal pelaksanaa UTBK tersebut, sehingga tidak ada kendala suplai arus listrik saat berlangsung ujian itu.(jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved