Breaking News:

Berita Luar Negeri

Kapal Selam Baru Korea Utara Siap Diluncurkan, Berbobot 3000 Ton dan Siap Luncurkan Rudal

Korsel dan AS baru-baru ini mengungkapkan bahwa Korea Utara tidak lama lagi akan memperkenalkan unit kapal selam baru dengan bobot 3.000 ton

Editor: Muhammad Hadi
KCNA via REUTERS
Rudal balistik yang diluncurkan oleh kapal selam (SLBM) terbang di lokasi yang dirahasiakan. Foto dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) pada 2 Oktober 2019 

SERAMBINEWS.COM - Aliansi Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) baru-baru ini mengungkapkan bahwa Korea Utara tidak lama lagi akan memperkenalkan unit kapal selam baru dengan bobot 3.000 ton.

Melansir Yonhap, pada hari Minggu (11/4/2021) otoritas intelijen kedua negara yakin peluncuran kapal selam baru tersebut tinggal menunggu waktu yang tepat. Artinya, pembangunan sudah selesai.

Penilaian tersebut muncul setelah sebuah lembaga think tank AS mengatakan Korea Utara telah memindahkan tongkang uji rudal submersible di lokasi uji misilnya ke posisi yang berbeda.

Pemindahan itu diduga terkait dengan rencana uji coba rudal balistik yang diluncurkan oleh kapal selam (SLBM) yang akan datang.

Baca juga: Ini Denda dan Sanksi Bagi Perusahaan yang Telat Bayar THR

"Otoritas intelijen Korea Selatan dan AS membuat penilaian bahwa Korea Utara telah selesai membangun kapal selam seberat 3.000 ton yang diungkap pada Juli 2019," ungkap sumber tersebut, seperti dikutip Yonhap.

Pihak berwenang dari aliansi ini menilai bahwa Korea Utara sedang meninjau waktu yang tepat untuk meluncurkan kapal selam agar bisa memberi efek yang strategis, termasuk memberi tekanan terhadap AS.

Sumber tersebut menambahkan bahwa dalam upacara perkenalannya nanti, kapal selam baru juga akan ditemani dengan SLBM baru sejenis Pukguksong-3.

Gerak-gerik Korea Utara ini rupanya telah terpantau sejak bulan lalu.

Baca juga: Rudal Supersonik AntiKapal Milik China, Musuh Cuma Punya Waktu 10 Detik Mencegatnya

Situs pemantau Korea Utara asal AS, 38 North, melaporkan bahwa dok kering di galangan kapal Sinpo Utara di pantai timur telah diubah posisinya di sepanjang dermaga peluncuran kapal selam.

Situs itu mengatakan langkah itu dapat mengindikasikan bahwa kapal selam rudal balistik baru Korea Utara mungkin hampir selesai atau siap untuk diluncurkan dan diluncurkan dalam waktu dekat.

Bukan cuma itu, proyek think tank Beyond Parallel pekan lalu juga mengungkapkan bahwa Korea Utara telah memindahkan tongkang uji coba rudal submersible di galangan kapal di pantai timurnya.

Laporan tersebut juga disertai dengan citra satelit.(*)

Baca juga: Fasilitas Nuklir Natanz Diserang, Agen Mossad Disebut Terlibat, Iran: Aksi Terorisme Nuklir

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Korea Utara disebut siap luncurkan kapal selam baru berbobot 3.000 ton

BERITA LAINNYA TENTANG LUAR NEGERI

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved