Breaking News:

Berita Aceh Barat Daya

Penetapan Awal Ramadhan Berbeda, Ada Warung Masih Buka, Sebagian Warga Abdya Mulai Tarawih Malam Ini

Penetapan 1 Ramadhan 1442 Hijriah/2021 Masehi di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), terjadi perbedaan

SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Warung Kopi di Jalan Iskandar Muda, Gampong Keude Paya, Blangpidie, Abdya, tetap buka sampai Selasa (13/4/2021), karena terjadi perbedaan penetapan 1 Ramadhan 1442 H/2021 M, sehingga sebagian umat berpuasa, sebagian lainnya belum. 

Laporan Zainun Yusuf| Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM,BLANGPIDIE - Penetapan 1 Ramadhan 1442 Hijriah/2021 Masehi di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), terjadi perbedaan.

Penetapan awal Ramadhan tidak serentak di daerah terdiri dari sembilan wilayah kecamatan itu dilaporkan memang sering terjadi, dan terulang lagi tahun ini. 

Amatan Serambinews.com, prosesi shalat tarawih tampak dilaksanakan di sebagian masjid di Kabupaten Abdya pada Senin (12/4/2021) malam, untuk melaksanakan 1 Ramadhan 1442 H pada Selasa (13/4/2021), hari ini, sesuai penetapan Pemerintah melalui Menteri Agama RI,  diumumkan Senin malam.

Sedangkan sebagian besar masjid lainnya di Kabupaten Abdya, baru melaksanakan shalat tarawih pada Selasa (13/4/2021) malam ini, untuk melaksanakan ibadah puasa mulai Rabu (14/4/2021), besok.

Baca juga: Setelah Shalat Tarawih dan Witir, Bolehkan Shalat Tahajud? Begini Penjelasannya

Keterangan diperoleh Serambinews.com, di Kecamatan Blangpidie, kegiatan shalat tarawih, Senin malam antara lain di Masjid Agung Baitul Ghafur, masjid milik Pemkab  Abdya di Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie.

Shalat terawih juga dilaksanakan di Masjid At-Taqwa Blangpidie di Desa Keude Siblah, dan Masjid Nurul Yaqin di Desa Keude Siblah Kecamatan Blangpidie. 

Sekitar 17 masjid dan mushalla yang dikelola organisasi Muhammadiyah di sembilan kecamatan sejak Babahrot sampai Lembah Sabil, sudah melaksanakan shalat tarawih sejak Senin malam, dan berpuasa mulai Selasa, hari ini.

Sebagian masjid dalam sembilan kecamatan di Abdya, belum aktivitas shalat tarawih pada Senin malam.

Baca juga: Makmeugang di Aceh antara Tradisi, Martabat dan Kesempatan Berbagi

Karena jamaah  menunggu penetapan awal Ramadhan 1442 H dari sejumlah ulama pimpinan dayah yang turun ke sejumlah titik  untuk memantau hilal (bulan) sejak Senin sore.

Halaman
123
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved