Breaking News:

Masjid Agung At-Taqwa Kutacane, Desain Megah dengan Corak Khas Adat Alas Gayo

BERADA di tengah kota Kutacane, Aceh Tenggara, Masjid Agung At-Taqwa menambah pesona bumi Sepakat Segenap

FOR SERAMBINEWS.COM
Keindahan Masjid At-Taqwa Kutacane, Aceh Tenggara, mengundang takjub bagi yang melihatnya. 

BERADA di tengah kota Kutacane, Aceh Tenggara, Masjid Agung At-Taqwa menambah pesona bumi Sepakat Segenap. Masjid yang didesain tahan gempa itu, terlihat begitu megah dan dikemas dalam corak khas adat Alas Gayo.

Masjid yang memiliki luas bangunan 2.675 meter persegi dengan lahan seluas 12.230 meter persegi dibangun dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 72.968.900.000. Karena bangunannya yang mentereng, masjid ini pun dijadikan lokasi wisata religius bag warga, terlebih di bulan Ramadhan seperti sekarang ini.

Masjid Agung At-Taqwa Kutacane memiliki soundsystem 10.000 watt, internet, lampu-lampu hias di bagian luar dan dalam masjid, aneka kaligrafi, air mancur, lampu hias dalam bentuk-bentuk bunga, empat menara, lima kubah utama, 15 kubah pendamping, granite laxmi red untuk lantai dalam, granite black gold untuk lantai luar, bentukan/hiasan dari GRC (campuran semen dan fiber) bermotif Alas Gayo, motif kayu jati, dan tulisan Al-Fatihah juga dari GRC.

Bisa dibayangkan bagaimana indah dan megahnya masjid ini. Berbagai warna lampu yang dipasang di rumah Allah itu menambah keindahan Masjid Agung At-Taqwa di kala senja. Bahkan pada malam hari keindahannya bisa dinikmati dari puncak gunung di Aceh Tenggara.

Masjid yang mampu menampung 4.000 jamaah di bagian dalam dan 2.000 jamaah diluar, juga dilengkapi pusat kuliner dan wahana bermain bagi anak-anak. Selain itu, di dalam Kompleks Masjid Agung At-Taqwa juga ada sejumlah fasilitas lainnya, seperti kantor unit pelaksana teknis dinas (UPTD), rumah imam besar masjid, kamar mandi, tempat wudhu, dan toilet khusus jamaah pria dan wanita yang bagus, halaman parkir untuk 100 mobil dan 250 sepeda motor, perpustakaan masjid yang dilengkapi buku-buku Islam/ilmu pengetahuan lainnya, taman lapangan Jenderal Ahmad Yani Kutacane yang terintegrasi dengan jalan dan halaman masjid.

Masjid yang kini menjadi kebanggaan masyarakat Aceh Tenggara itu, didesain oleh H Hasanuddin B MM, mantan Bupati Aceh Tenggara. Hasanuddin yang juga mantan Ketua DPD Partai Golkar Aceh Tenggara itu dijuluki bapak pembangunan dan pernah mendapat banyak penghargaan.

Masjid Agung At-Taqwa diresmikan oleh Ketua DPR RI, Dr H Ade Komaruddin MH, pada 8 April 2016. Perencanaan pembangunan Masjid Agung At-Taqwa itu sendiri dilakukan tahun 2009. Realisasinya berlangsung enam tahun berturut-turut dengan dana dari APBK dan APBA.

Banyak nama yang tersurat dalam pembangunan Masjid At-Taqwa Kutacane. Antara lain Ali Basrah SPd MM (mantan Wakil Bupati Agara, sebagai pengarah), Gani Suhud MAP (Sekda Agara, sebagai pengarah), Irwandi Desky SP (pengarah), Ramadhan ST MM (ketua), Syukur Karo-Karo SE MSi Ak (bendahara), Sujarno ST (koordinator lapangan dan logistik), Hendra Syahputra ST (Koordinator tenaga kerja) M Ridwan ST (koordinator seksi peralatan), Lori Enata ST (koordinator seksi quality), Selamat Sejahtera ST (koordinator seksi quality), Suherman (anggota seksi quality), Faisal Abrar ST (anggota seksi quality), Fariz Hamzah ST, Muhammad Zulkadri Spd, M Yahya, Jhon Apstrong Pratama (anggota seksi logistik).

Selain membangun ikon, pembangunan Masjid Agung At-Taqwa juga untuk memakmurkan At-Taqwa Kutacane. Seperti menyediakan tempat shalat berjamaah dan iktikaf, mengembalikan fungsi masjid dalam mengikuti kemajuan zaman khususnya mendalami ilmu Islam, menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat menyangkut penyelesaian segala persoalan umat Islam, menjadikan masjid sebagai pusat kajian ilmu, dakwah, maklumat, tausiyah, bimbingan masyarakat, dan lainnya.(asnawi luwi)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved