Breaking News:

Berita Aceh Tengah

Inovasi Layanan Pil Dahaga Disdukcapil Aceh Tengah untuk Membantu Korban Bencana

Layanan Dukcapil Datangi Rumah Warga atau Pil Dahaga, Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Aceh Tengah, dinilai...

For Serambinews.com
Petugas Dinas Dukcapil Aceh Tengah menyerahkan dokumen kependudukan pengganti yang hilang atau rusak akibat bencana kebakaran di Kampung Keramat Mufakat, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. 

Laporan Mahyadi |Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Layanan Dukcapil Datangi Rumah Warga atau Pil Dahaga, Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Aceh Tengah, dinilai efektif dalam membantu warga yang kesulitan untuk  mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan.

Khususnya bagi warga yang tertimpa musibah kebakaran, banjir, longsor serta bencana lainnya yang mengakibatkan hilang serta rusaknya dokumen milik para korban.

Bukan hanya itu, inovasi layanan Pil Dahaga juga menyasar warga yang rentan seperti dalam kondisi sakit serta  disabilitas. Pil Dahaga untuk memudahkan warga mendapatkan administrasi kependudukan sehingga dapat mengakses berbagai layanan publik.

Ketika ada kondisi warga yang sakit menahun atau disabilitas maupun dalam masa tanggap darurat pasca terjadi bencana membuat warga kesulitan mendapatkan kembali dokumen kependudukan.

Inilah yang mendasari Dinas Dukcapil Aceh Tengah memunculkan inovasi layanan Pil Dahaga dengan menurunkan tim untuk melakukan pengurusan adminitrasi kependudukan tanpa warga yang tergolong rentan tersebut harus mendatangi Dinas Dukcapil.

"Seperti warga yang tertimpa musibah kebakaran baru- baru ini, semuanya kita lakukan pendataan segera dan kita terbitkan kembali dokumen kependudukan yang hilang maupun rusak akibat musibah yang terjadi," ungkap Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal, Senin (19/4/2021).

Terdata, ada empat kejadian musibah kebakaran dalam satu bulan terakhir diantaranya di Kecamatan Celala, Bintang, Linge dan Bebesen. Semuanya sudah mendapat layanan Pil Dahaga dari Disduqkcapil Aceh Tengah.

Menurut Mustafa Kamal, karena kondisi darurat paska terjadi musibah, sehingga  warga harus mengakses layanan kesehatan maupun untuk mendapatkan bantuan sosial, sehingga membutuhkan dokumen kependudukan segera.

"Semoga keluarga yang tertimpa musibah dapat kembali bangkit dan menjalani kehidupan dengan normal kembali," imbuhnya.

Layanan Pil Dahaga merupakan inovasi yang telah diluncurkan oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar pada tanggal 17 Agustus 2020 lalu. Setiap terjadi bencana atau musibah kebakaran, petugas Dinas Dukcapil langsung turun ke lokasi untuk melakukan pendataan dan menyerahkan langsung dokumen pengganti.

Sementara bagi warga rentan yang sakit dan disabilitas, sangat diharapkan bantuan dari aparat kampung maupun masyarakat sekitar untuk melaporkan ke Disdukcapil, atau bisa dengan datang langsung ke Kantor serta melalui media sosial milik Disdukcapil Aceh Tengah, maupun WhatsApp dan hendphone di nomor 081376360003.

Layanan cepat terhadap warga rentan merupakan prioritas yang ditekankan langsung oleh Bupati Shabela Abubakar agar masyarakat yang memiliki keterbatasan atau musibah dapat terlayani dengan baik.(*)

Baca juga: Tim Dukcapil Ganti 36 Ribu Dokumen Penduduk Terdampak Bencana NTT dan NTB

Baca juga: Polisi akan Otopsi Jenazah Mama Muda, Korban yang Diduga Tewas Saat Pesta Pil Ekstasi

Baca juga: Koordiantor MaTA, Alfian: Korupsi Dana KIP Aceh Tenggara, Tidak Hanya Terpaku pada Dua Terdakwa

Penulis: Mahyadi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved