Breaking News:

Ibadah Puasa, Pembebasan dari Api Neraka

Ustaz H Mursalin Basyah Lc MA mengatakan, Ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan kesempatan bagi umat Islam

Editor: bakri
Ibadah Puasa, Pembebasan dari Api Neraka
FOR SERAMBINEWS.COM
Ustaz H Mursalin Basyah Lc MA

BANDA ACEH - Ustaz H Mursalin Basyah Lc MA mengatakan, Ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan kesempatan bagi umat Islam untuk menyelamatkan diri dari siksaan neraka. Karena di bulan Ramadhan, Allah SWT memberikan pengampunan kepada hamba-Nya.

Hal tersebut disampaikan Ustaz Mursalin pada tausyiah Ramadhan dalam program Serambi Spiritual keja sama Serambi FM dengan Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) yang langsung disiarkan dari Radio Serambi FM 90,2 MHz dan Fanpage Serambinews.com.

Ustaz Mursalin menyampaikan hadis yang diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi dan Ibnu Majah yang artinya; "Apabila datang malam pertama dari bulan Ramadhan, maka setan-setan dibelenggu dan juga jin pembangkang dan ditutup pintu neraka dan tidak dibuka satupun, sebaliknya dibuka pintu surga dan tidak ditutup satupun dan setiap malam (malaikat) berseru wahai orang-orang yang menginginkan ketaatan kepada Allah SWT datanglah ini kesempatanmu, wahai orang-orang yang suka berbuat maksiat berbuat kerusakan berhentilah ini sedang datang bulan mulia. Dan Allah punya orang-orang yang dibebaskan dari api neraka pada bulan Ramadhan dan itu terjadi setiap malam."

Diterangkan Ustaz Mursalin, ada tiga waktu Allah SWT memberikan pengampunan kepada hamba-Nya, yakni saat malam hari, saat berbuka puasa, dan saat berpuasa.

Dalam tausyiahnya Ustaz H Mursalin juga mengambarkan kedahsyatan hukuman di neraka sampai malaikat terperanjat melihat neraka. Selain itu, mengenai letak neraka, ulama berbeda-beda pendapat dalam menjelaskan letak neraka, ada sebagian pendapat menyebut letak neraka di langit, ada pula yang mengatakan letak neraka berada di lapisan bumi yang terdalam.

"Neraka dan Surga telah diciptakan Allah SWT, mengenai letak neraka ulama berbeda-beda pendapat bahwa ada yang mengatakan letak neraka ada di langit, ada pula yang mengatakan di lapisan bumi paling dalam," terangnya.

Diterangkan, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan dalam bulan Ramadhan, bernilai pengampunan dari Allah SWT. Amalan tersebut dianjurkan agar dilakukan, sehingga bulan Ramadhan bisa dipergunakan sebaik-baiknya dengan beribadah secara serius kepada Allah SWT. Seperti memperbanyak membaca Alquran, menghidupkan malam dengan ibadah dan memberi makan fakir miskin. “Membaca Alquran dalam bulan Ramadhan bernilai tinggi dan bisa mendatangkan syafaat pada hari akhirat,” ujaranya.

Di akhirat kelak, semua berusaha membebaskan diri dari Neraka. Sehingga anak sendiri pun berusaha membebaskan diri dari neraka dan mengorbankan orang tuanya. Pun dengan orang tua, berusaha membebaskan diri dari neraka dan mengorbankan anaknya, semua berusaha membebaskan diri dan mengorbankan orang lain dan pergi meninggalkan.

Berbeba dengan orang yang dekat dan sering membaca Alquran di dunia, akan berubah menjadi syafaat bagi pengamalnya di akhirat. Sehingga, mereka yang mengamalkan Alquran tidak merasa sendirian di akhirat karena ditemani oleh syafaat Alquran.

Dikatakan, amalan yang bisa membebaskan dari api neraka, secara umum ada tiga yakni memperbanyak membaca Alquran karena pada hari akhirat yang mendatangkan syafaat, menghidupkan shalat malam, karena shalat malam bisa meningkatkan derajat di hari akhirat, dan memberi makanan berbuka untuk sesama," tutup Ustaz H Mursalin.(sa)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved