Breaking News:

Internasional

Inggris dan Yunani Perkuat Kesepakatan Pertahanan dengan Arab Saudi

Utusan khusus PM Inggris, Edwar Lister menemui Wakil Menteri Pertahanan Arab Saudi Pangeran Khalid bin Salman di Riyadh, Selasa (20/4/2021).

Foto: Saudi Press Agency
Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan (kanan) bertukar dokumen kesepakatan pertahana dengan mitranya dari Yunani Nikos Dendias dan Menteri Pertahanan Yunani Nikolaos Panagiotopoulos di Riyadh, Selasa (20/4/2021). 

SERAMBINEWS.COM, RIYADH - Utusan khusus PM Inggris, Edwar Lister menemui Wakil Menteri Pertahanan Arab Saudi Pangeran Khalid bin Salman di Riyadh, Selasa (20/4/2021).

Mereka meninjau kerja sama yang kuat sebagai negara sahabat, terutama dalam pertahanan,tweet Pangeran Khalid.

“Kami menekankan kembali pentingnya kemitraan kami dalam menjaga stabilitas dan keamanan kawasan,” tambahnya.

Sementara itu, Arab Saudi dan Yunani menandatangani kesepakatan pada Selasa terkait kerja sama pertahanan dalam rangkaian pertemuan tingkat menteri di Riyadh.

Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan bertemu dengan mitranya dari Yunani Nikos Dendias bersama dengan Menteri Pertahanan Nasional Yunani Nikolaos Panagiotopoulos.

Baca juga: OSC Dubai Siap Bangun King Salman Energy Park di Arab Saudi, Investasikan Rp 8,3 Triliun

Di awal pertemuan, para menteri luar negeri menandatangani kesepakatan mengenai rancangan pengaturan untuk status hukum angkatan bersenjata Yunani.

Sehingga, dapat berpartisipasi dalam mendukung kemampuan pertahanan Kerajaan.

Pangeran Faisal kemudian mengadakan pembicaraan resmi dengan dua menteri yang berkunjung untuk membahas hubungan bilateral, kata kementerian luar negeri Kerajaan.

Mereka juga bertukar pandangan tentang masalah regional dan internasional yang menjadi perhatian bersama.

Baca juga: Arab Saudi Garap Proyek Lembah Kuno di Madinah untuk Sektor Pariwisata Masa Depan

Setelah pertemuan tersebut, Panagiotopoulos mengatakan

"Yunani dan Arab Saudi dihubungkan oleh persahabatan yang kuat, memiliki keprihatinan yang sama tentang tantangan geostrategis saat ini dan visi bersama untuk masa depan."

Menteri Luar Negeri Adel Al-Jubeir juga melakukan pembicaraan dengan Dendias bersama delegasi pendampingnya.

Nayef Al-Hajraf, sSekretaris Jenderal Dewan Kerjasama Teluk (GCC), bertemu Dendias dan Panagiotopoulos, di mana dia menekankan pentingnya menumbuhkan hubungan Teluk-Yunani.

Baca juga: Putra Mahkota Arab Saudi Dukung Jalur Sutra China, Terima Telepon Presiden Xi Jinping

Al-Hajraf dan Dendias menandatangani nota kesepahaman untuk konsultasi tentang masalah kepentingan bersama antara Sekretariat Jenderal GCC dan pemerintah Yunani.

Al-Hajraf mengatakan kesepakatan tersebut mencakup mekanisme kerjasama dan konsultasi di bidang politik, ekonomi, komersial dan investasi.(*)

Editor: M Nur Pakar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved