Breaking News:

Berita Banda Aceh

Polisi Amankan Distributor Mercon di Kota Banda Aceh, Ini Barang Bukti yang Diamankan

Personel opsnal Satuan Reskrim Polresta Banda Aceh, mengamankan AL (42) seorang distributor mercon atau petasan di Kecamatan Baiturrahman....

For Serambinews.com
Personel Satuan Reskrim Polresta Banda Aceh mengamankan AL (42) seorang distributor mercon di salah satu gampong di Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Rabu (21/4/2021). 

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Personel opsnal Satuan Reskrim Polresta Banda Aceh, mengamankan AL (42) seorang distributor mercon atau petasan di Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Rabu (21/4/2021) sore. Pelaku AL bersama barang bukti (BB) puluhan kotak mercon yang ikut disita petugas selanjutnya dibawa ke Polresta Banda Aceh guna dimintai keterangan lebih lanjut.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto SIK, melalui Kasat Reskrim AKP M Ryan Citra Yudha SIK mengatakan AL terjaring dalam razia pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) yang dilancarkan personel opsnal Satuan Reskrim Polresta.

Begitu mendapat informasi ada distributor mercon yang menjalankan usahanya di salah satu gampong di Kecamatan Baiturrahman, petugas langsung bergerak. “Razia Harkamtibmas ini dilaksanakan dalam rangka menjaga kekhusyukan masyarakat dalam melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan 1442 H dan  terciptanya kenyamanan,” kata AKP Ryan.

Menurutnya, selain sasaran utama distributor mercon, personel Satuan Reskrim juga akan merazia penjual dan pengguna mercon yang ada di wilayah hukum Polresta Banda Aceh.

“Razia ini akan dilakukan menjelang Lebaran Idul Fitri 1442 H. Di samping itu polisi juga akan menindak tegas siapa saja yang memperjualbelikan petasan,” terang Kasat Reskrim Polresta ini.

Menurutnya untuk terciptanya Harkamtibmas di wilayah hukum Polresta Banda Aceh perlu dukungan bersama, semua pihak.

"Polresta Banda Aceh selaku pengemban keamanan di wilayah Kota Banda Aceh dan sebagian Aceh Besar, akan terus melakukan berbagai upaya untuk menciptakan kondisi keamanan, kenyamanan warga dalam melaksanakan ibadah dibulan suci ramadhan,” terang Ryan.

Karena itu Satuan Reskrim Polresta Banda Aceh akan mengintensifkan merazia pemilik, penjual dan pengguna mercon yang dapat mengganggu masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa.

Menurut AKP Ryan dari razia yang dilakukan terhadap distributor mercon tersebut petugas mengamankan 27 kotak kecil mercon merek Blooming Flower dan Joyful kuning. Lalu 32 kotak kecil mercon kuning merek Happy Flower dan 182 batang petasan merek Roman Candle Tiger 0,8 5s.

”Distributornya sedang dimintai keterangan lebih lanjut, termasuk sehubungan dengan usaha yang dikelolanya itu,” ungkap AKP Ryan.

Mantan Kasat Reskrim Polres Aceh Tamiang ini menyebutkan semua yang dilakukan petugas demi menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

AKP Ryan pun menjelaskan kepemilikan dan penggunaan bahan peledak termasuk mercon melanggar Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 serta dapat dijerat dengan Pasal 187 KUHP.(*)

Baca juga: Tinggalkan Persiraja, Luis Irsandi Hengkang ke Muba United

Baca juga: Ingatkan RSUD Aceh Tamiang untuk Profesional, Haji Uma: Jika Terulang akan Saya Teruskan ke Menteri

Baca juga: Arab Saudi Perketat Protokol Kesehatan di Seluruh Masjid dan Pusat Pasar

Penulis: Misran Asri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved