Breaking News:

Fakultas Kedokteran USK Lantik 17 Dokter Spesialis

Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) melalui Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) kembali meluluskan 17 dokter

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Delapan dari 17 dokter spesialis yang mengikuti pelantikan secara luring di Aula FK USK, foto bersama dengan pimpinan fakultas tersebut seusai acara, Kamis (21/4/2021). 

BANDA ACEH - Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) melalui Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) kembali meluluskan 17 dokter spesialis baru. Hal itu ditandai dengan pelantikan dan pengambilan sumpah dokter spesialis tersebut yang dipimpin Dekan FK USK, Prof Dr dr Maimun Syukri SpPD-KGH, Kamis (22/4/2021). Mereka yang dilantik itu berasal dari lima program studi (prodi) yang ada di PPDS fakultas tersebut.

Ke 17 dokter spesialis baru itu adalah dr Muhammad Taqwa, dr Ahmad Muhtadi, Muhammad Nawal Hasya, Marshal Agreno, T Fenny Novhera, dan Idham Adyasa Manggala Putra (Ilmu Bedah), dr Melda Fitria dan dr Ellya Nurfida (Neurologi), dr Eka Lydia Sari, dr Muhammad Iqbal, Kumalasari, dr Aditya Pratama, dr Didy Hamidi, (Obstetri dan Ginekologi/Obgyn), dr Octavina Susanti dan Riny Fasly (Ilmu Kesehatan Anak), serta dr Syahnidel Fita dan Baluqia Iskandar Putri (Ilmu Kesehatan THT-KL).

Dari jumlah itu, delapan orang mengikuti pelantikan secara luring di Aula FK USK, Darussalam, Banda Aceh, dan 9 orang lainnya secara daring. Dari delapan orang yang mengikuti pelantikan secara luring, dr Melda Fitria (Prodi Neurologi) dipercaya untuk menyampaikan sambutan mewakili para dokter spesialis yang dilantik dan diambil sumpah tersebut. 

Pelantikan itu turut dihadiri Wakil Rektor I USK, Prof Dr Ir Marwan mewakili pimpinan universitas, Wakil Dekan FK USK, Dr dr Safrizal Rahman MKes SpOT, serta para ketua prodi yakni Ketua Prodi Neurologi, Prof Dr dr Dessy R Emril SpS (K), Ketua Prodi THT, dr Benny Kurnia SpTHT-KL, KPS Prodi Ilmu Kesehatan Anak, Dr dr Dora Darussalam SpA (K), Ketua Prodi Ilmu Bedah, dan Ketua Prodi Obgyn, Prof Dr dr Rajudin SpOG(K).

Prof Maimun dalam sambutannya mengatakan, dengan pelantikan 17 dokter spesialis ini, jumlah alumni PPDS USK secara keseluruhan adalah penyakit dalam 75 orang, bedah 70 orang, Obgyn 21 orang, dan neurologi 3 orang. Kepada dokter spesialis baru ini, Prof Maimun berpesan untuk menjaga nama baik almamater dengan bekerja penuh integritas serta serta tak lupa untuk terus menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan civitas FK USK.

Wakil Rektor I USK, Prof Dr Ir Marwan, mewakili pimpinan universitas, menyampaikan selamat kepada lulusan baru PPDS USK. Menurutnya, pengalaman panjang mereka selama menempuh pendidikan akan menjadi bekal yang sangat berharga untuk mengabdi di masyarakat. Prof Marwan juga mengapresiasi beberapa lulusan PPDS USK yang memilih kembali ke daerahnya, apalagi daerah terpencil. Sebab, Prof Marwan menilai, ketersediaan dokter spesialis di daerah seperti itu tentu sangat terbatas.

“Hal ini sangat sejalan dengan tujuan pokok kita mendirikan PPDS yaitu untuk men-supply kebutuhan dokter spesialis ke daerah. Maka, kami sangat bangga atas pilihan kalian untuk kembali ke daerahnya,” ucap Prof Marwan seperti disampaikan Kepala Humas USK, Chairil Munawir MT SE MM, dalam siaran pers kepada Serambi, siang kemarin. (jal)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved