Breaking News:

Berita Bireuen

Rektor Umuslim dan Keuchik Cot Jrat Kota Juang Tandatangani MoU

Jengki Ie atau pompa air ini sudah dikembangkan dan dipasang di sejumlah kabupaten/kota serta sudah mendapat pengakuan hak paten.

Dok Umuslim
Rektor Umuslim, Dr Marwan MPd bersama kepala Desa Cot Jrat, Kota Juang, Bireuen, Senin (26/04/2021) menandatangani kerjasama MoU untuk pengembangan berbagai bidang di Gampong Cot Jrat. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Desa Cot Jrat, Kota Juang Bireuen setahun terakhir dikenal dengan produksi mesin pompa air atau jengki ie produksi  Syukri dengan lembaganya Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna Desa (Posyantekdes).

Jengki Ie atau pompa air ini sudah dikembangkan dan dipasang di sejumlah kabupaten/kota serta sudah mendapat pengakuan hak paten.

Mengembangkan Posyantekdes lebih luas,  Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen, Dr Marwan MPd dan Keuchik Gampong Cot Jrat, Kota Juang, Bireuen, Fauzi, Senin (26/04/2021) menandatangani MoU bertempat di ruang rapat kampus induk Umuslim.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Halus Satriawan MSi melalui Kabag Humas Umuslim, Zulkifli M Kom kepada Serambinews.com mengatakan, kerjasama antara Umuslim dan Gampong Cot Jrat bagian dari pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Adanya kerjasama antara Umuslim dan Gampong Cot Jrat,  menjadikan gampong Cot Jrat sebagai desa binaan untuk bidang pengembangan pertanian dan perkebunan, kedua bidang ini  sangat berpeluang dijadikan satu program prioritas tindak lanjut dari kerjasama, seperti misalnya peluang untuk meningkatkan produk dan benih bibit.

Sebenarnya kata Halus Satriawan, di Gampong Cot Jrat sudah ada lembaga Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna Desa (Posyantekdes).

Baca juga: Heboh di Aceh Selatan, Kambing Lahir dengan Wajah Aneh

Baca juga: Denny Richi Gugur Bersama KRI Nanggala-402, Tinggalkan Istri Hamil Tua, Sempat Gelisah saat Pamitan

Baca juga: Nathalie Holscher Populerkan Lagu Dengan Menyebut Nama Allah, di Tengah Kisruh dengan Sule

Baca juga: Pria Ini Paksa Anak Kos Video Call Sambil Buka Baju, Ancam Sebarkan Rekaman saat Korban Kencing

Adanya lembaga tersebut bukan hanya fakultas pertanian saja bisa terlibat, tetapi  semua fakultas bisa terlibat, misalnya  untuk  pengembangan teknologi  aplikasi otomatisasi, nanti bisa fakultas fikom  bersama fakultas teknik, jelas Dr Halus Satriawan MSi.

Disebutkan, keterlibatan berbagai fakultas, juga lembaga  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dalam pengembangan teknologi dan  pengabdian, baik mahasiswa maupun dosen di gampong Cot Jrat bisa menjadi modal  untuk  pengembangan iptek kedepan, jelasnya.

Agustiar selaku pendamping desa Kota Juang dalam pertemuan tersebut mengatakan, pihak gampong Cot Jrat merasa  terharu dan bersyukur atas terjalinnya kerjasama ini.

Gampong Cot Jrat merupakan sebuah gampong yang berada di kemukiman Cot Kupula, Kota Juang, topografi desanya agak sedikit berbukit, berpenduduk  lebih kurang  600 jiwa  dan 130 KK.

Baca juga: Marc Marquez Finis Ketujuh dalam Debut Comeback-nya pada MotoGP Portugal 2021

Baca juga: Performa tak Kunjung Membaik, Valentino Rossi akan Pensiun pada MotoGP Italia 2021

Baca juga: BERITA POPULER - Jadwal Cair THR, Biduan Dangdut Rudapaksa Remaja hingga Pemuda Nikahi PNS 53 Tahun

Gampong Cot Jrat masih tergolong desa tertinggal, banyak hal yang perlu sentuhan dan pengembangan, kerjasama adalah  peluang bagi kampus untuk melakukan berbagai program baik sektor ekonomi, wisata pertanian dan lainnya.

Masyarakat sangat membuka diri terhadap siapapun yang ingin membantu dan mengembangakn potensi gampong Cot Jrat, ujar Agustiar menyampaikan pesan dari Keuchik Gampong Cot Jrat.

Kepala desa berharap, dengan adanya MoU dengan perguruan tinggi, semoga gampong Cot Jrat bisa maju dan berkembang, karena banyak potensi di desa tetapi masyarakat sedikit ilmu dan  pengalaman, masyarakat  sangat berharap banyak implementasi dari proses ini, ujar Agustiar.

Seperti diketahui gampong Cot Jrat kecamatan Kota Juang, sempat viral beberapa waktu lalu, karena berhasil menciptakan sebuah inovasi teknologi tepat guna yaitu menciptakan alat Jengki Ie ala Cot Jrat, hasil karya warga Cot Jrat itu sekarang sudah mendapat hak paten dan pemasarannya juga sudah banyak dibeli masyarakat dari berbagai daerah, jelas Agustiar didampingi Keuchik dan perangkat gampong lainnya.(*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved