Breaking News:

Berita Aceh Timur

Pendaftar BPUM di Aceh Timur Capai 14.400 Orang

"Berdasarkan yang kita data hingga 23 April lalu yang sudah mendaftar mencapai 14.400 orang. Data itu sudah kita kirimkan ke Kementerian koperasi...

For Serambinews.com
Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Aceh Timur, Iskandar SH. 

"Berdasarkan yang kita data hingga 23 April lalu yang sudah mendaftar mencapai 14.400 orang. Data itu sudah kita kirimkan ke Kementerian koperasi untuk diverifikasi," ungkap Kadis Perdagkop dan UKM Aceh Timur, Iskandar SH, melalui Kabid UKM, M Saleh Syukur, kepada Serambinews.com, Kamis (29/4/2021).

Laporan Seni Hendri Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Sejak dibuka awal April lalu, hingga kini, jumlah pendaftar untuk mendapatkan bantuan bagi pelaku usaha kecil menengah dari Kementerian Koperasi, sebanyak 14.400 orang.

"Berdasarkan yang kita data hingga 23 April lalu yang sudah mendaftar mencapai 14.400 orang. Data itu sudah kita kirimkan ke Kementerian koperasi untuk diverifikasi," ungkap Kadis Perdagkop dan UKM Aceh Timur, Iskandar SH, melalui Kabid UKM, M Saleh Syukur, kepada Serambinews.com, Kamis (29/4/2021).

Jumlah pendaftar diperkirakan masih terus bertambah, karena penutupan secara online dilakukan pada 30 April 2021.

"Masih ada kesempatan satu hari lagi untuk mendaftar. Karena itu, bagi pelaku usaha yang ingin mendaftar untuk mendapatkan bantuan Rp 1,2 juta maka segera mendaftar secara online melalui link http://bit.ly/bpumacehtimur2021," ungkap M Saleh.

"Pendaftaran ditutup secara online, setelah pendaftaran ditutup selanjutnya semua data pendaftar dikirim ke Kementerian koperasi untuk diverifikasi, kemudian calon penerima bantuan akan di SK kan untuk mendapatkan bantuan," ungkap Saleh.

Seperti diberitakan awal April lalu, bahwa Pemkab Aceh Timur, melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perdagkop dan UKM), kembali membuka pendaftaran bantuan bagi pelaku usaha mikro (BPUM) tahun 2021 sebesar Rp 1,2 juta per usaha.

Baca juga: Banda Aceh Loloskan 21 Perwakilan ke Program Sekolah Penggerak, Ini Manfaat untuk Daerah dan Sekolah

Pendaftaran secara online melalui link http://bit.ly/bpumacehtimur2021, dan akan ditutup secara otomatis pada 30 April 2021.

Syaratnya adalah, warga yang memiliki KTP Aceh Timur, memiliki usaha mikro dengan asset dibawah Rp 50 juta, memiliki nomor induk berusaha (NIB) atau surat keterangan usaha dari Keuchik tahun 2021.

Tidak sedang mengakses kredit usaha rakyat, bukan ASN, TNI/Polri, serta bukan pegawai BUMN/BUMD, dan memiliki nomor HP yang aktif.

Kadis Perdagkop dan UKM Aceh Timur, Iskandar SH, mengharapkan, keuchik dalam mengeluarkan surat keterangan usaha benar-benar kepada warga yang memiliki usaha mikro produktif.

Selain itu, bagi pelaku usaha yang telah mendapat bantuan tahun 2020 juga masih dapat mendaftar kembali tahun ini.

Program bantuan bagi pelaku usaha mikro (BPUM) ini, ungkap Iskandar, adalah upaya pemerintah pusat melalui program pemulihan ekonomi nasional untuk membantu pelaku usaha mikro yang belum terakses kredit usaha rakyat (KUR), agar usahanya tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19, untuk mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran. (*)

Baca juga: ACT Distribusikan Paket Pangan ke Palestina, di Wilayah Pembangunan Sumur Wakaf Ureung Aceh

Penulis: Seni Hendri
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved