Breaking News:

Berita Bireuen

Baitul Mal Bireuen Salurkan Rp 1,4 Miliar Zakat dan Infak, Ini Penerimanya

Dana zakat dan infak yang disalurkan dominan zakat dan infak yang terhimpun dari PNS Pemkab Bireuen dan dari instansi lainnya.

Dok Baitul Mal Bireuen
Baitul Mal Bireuen, Jumat (07/05/2021) menyalurkan zakat dan infaq kepada berbagai kelompok penerima, bantuan secara simbolis berlangsung di Sekretariat Baitul Mal Bireuen. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Baitul Mal Kabupaten (bmk) Bireuen menyalurkan dana zakat dan infak tahap I periode Januari – April 2021 sebesar Rp1,4 miliar lebih kepada 1.016 orang penerima (mustahik) yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan di Bireuen.

Kegiatan penyaluran secara simbolis  dilaksanakan di Kantor BMK Bireuen, Jumat (07/05/2021)kepada 31 orang tunanetra yang mengajukan permohonan kepada BMK, selain itu bantuan serupa kepada tuna netra melalui Pertuni sebanyak 61 orang, bantuan  disalurkan melalui rekening bank.

Ketua BMK Bireuen Tgk Muhammad Hafiq SSy didampingi Sekretaris t BMK Bireuen Hamdani S Ag  mengatakan Rp1,4 miliar terdiri dari zakat Rp 1,2 miliar lebih dan infak Rp 145 juta lebih.

“Dana zakat dan infak yang disalurkan dominan zakat dan infak yang terhimpun dari PNS Pemkab Bireuen dan dari instansi lain. Pada tahap pertama tahun ini jumlah zakat yang disalurkan relatif kecil dibanding tahap I tahun lalu sebab disesuaikan dengan penerimaan zakat hingga akhir Maret 2021,” jelasnya.

Dirincikan 1.016 orang penerima tersebut yaitu 215 orang fakir uzur Rp 322.500.000,  hak miskin yang mengajukan permohonan melalui BMK Bireuen sebanyak 393 orang Rp 393.000.000, hak miskin melalui UPZ kecamatan kepada 204 orang penerima Rp 204.000.000 dan berbagai kelompok penerima lainnya.

Disebutkan proses pencairan dana zakat semuanya ditransfer langsung ke rekening masing-masing penerima, khusus kepada penerima dari senif fakir (fakir uzur) yang diantar petugas ke tempat tinggal penerima yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bireuen, ujar Hamdani.

Baca juga: KNPI Lhokseumawe Sesalkan Larangan Mudik Antar Kabupaten di Aceh, M Ajuar: Contohlah Sultan Jogja

Baca juga: VIDEO - Viral Puluhan Warga Negara China Tiba di Indonesia, Warganet Singgung Larangan Mudik

Baca juga: Wanita PSK 31 Tahun Tewas, Teman Sebut Korban Sering Layani Pria Hidung Belang di Kamar Kos

Baca juga: Ini Khatib dan Imam Shalat Idul Fitri di Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe Serta Tema Khutbah

Tgk Muhammad Hafiq yang turut didampingi Koordinator Bidang Sosialisasi dan Pembinaan, Murdeli, SH menyampaikan terima kasih atas kepercayaan PNS Pemkab Bireuen dan sejumlah instansi seperti Polres Bireuen, PLN, Bank Aceh dan instansi lain, pengusaha yang menyalurkan zakat dan infak melalui Baitul Mal Kabupaten Bireuen.

Ia berharap kepada instansi dan BUMN lain di Kabupaten Bireuen dapat menyalurkan zakat melalui Baitul Mal Bireuen.

Sebab banyak BUMN di Bireuen dan perusahaan lainnya yang belum menyetor zakat dan infak ke Baitul Mal Bireuen.(*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved