Breaking News:

Larangan Mudik

Soal Larangan Mudik, Dishub Diminta Jangan Teruskan Surat Edaran Tanpa Mengkaji Kearifan Lokal

Simpang siurnya informasi terkait larangan mudik lokal atau antar kabupaten/kota di Aceh kini maskin meresahkan masyarakat.

Penulis: Subur Dani | Editor: Taufik Hidayat
hand over dokumen pribadi
Anggota DPRA, H Ihsanuddin MZ SE MM 

Laporan Subur Dani  | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Simpang siurnya informasi terkait larangan mudik lokal atau antar kabupaten/kota di Aceh diakui oleh Anggota DPRA, H Ihsanuddin MZ SE MM telah meresahkan masyarakat.

Oleh karena itu, Ihsanuddin berharap Pemerintah Aceh segera berkoordinasi.

"Kami berharap Pemerintah Aceh dalam hal ini pimpinan DPRA dan Dishub Aceh perlu berkoordinasi untuk memberi kenyamanan bagi masyarakat yang akan merayakan hari Raya Idul Fitri," kata Ihsanuddin kepada Serambinews.com, Sabtu (8/5/2021).

Terkait dengan surat edaran (SE) pemerintah Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah selama 6 - 17 Mei 2021, menurut Ihsan, perlu direspons dilaksanakan secara bijaksana oleh Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota.

Ketua Fraksi PPP ini tak menampik trend kasus Covid-19 terjadi peningkatan di Aceh. Dia setuju dengan larangan mudik antar provinsi namun tidak dengan mudik lokal (antar kabupaten).

"Untuk pencegahan memang perlu pencegatan di semua pintu masuk ke Aceh, tapi bagi pemudik antar kabupaten/kota dalam Provinsi Aceh adalah pengecualian," katanya.

Menurut Dia, kegiatan mudik di Aceh adalah rutinitas tahunan untuk berkumpul bersama keluarga.

"Saweu gampong atau mudik adalah kegiatan penting juga sakral bagi masyarakat muslim di Aceh. Mudik tidak hanya aktivitas keagamaan dan sosial tapi juga aktivitas ekonomi masyarakat," katanya.

Baca juga: Beli Siput Rp 28 Ribu, Wanita Ini Langsung Kaya Mendadak Setelah Temukan Mutiara Langka di Dalamnya

Baca juga: Jalan Banda Aceh-Medan Masuk ke Aceh Tamiang Ditutup Sepenuhnya, Kendaraan Wajib Diperiksa di UPPKB

Baca juga: Pansus Temukan Banyak Masalah dalam LKPJ Gubernur Aceh Tahun 2020, Begini Laporan Nova Sebelumnya

Baca juga: Bank Aceh Syariah Pastikan Seluruh Layanan Berjalan Normal

Ihsanuddin mengakui, menerima banyak keluhan dan juga aspirasi dari masyarakat agar ada penjelasan yang detail terkait pelaksanaan surat edaran Menhub tersebut bagi pemudik antar kabupaten/kota dalam Provinsi Aceh. 

"Saya berharap tidak ada keresahan, kebingungan dalam masyarakat ketika sesuatu aturan terkait pencegahan Covid  diterapkan," katanya.

"Jadi mohon kepada Dishub, jangan langsung meneruskan saja surat edaran (SE), tanpa kajian dari sisi sosiologis dan kearifan lokal masyarakat Aceh dalam suasana Idul Fitri," pungkasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved