Breaking News:

Wudhu Bisa Menghapus Dosa

Bulan Ramadhan bukan hanya menjadi bulan bertabur pahala, tapi juga merupakan bulan pembakar dosa

Editor: bakri
Wudhu Bisa Menghapus Dosa
Guru Besar Ilmu Fiqih Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Ustaz Prof Dr Tgk Fauzi Saleh Lc MA

BANDA ACEH - Bulan Ramadhan bukan hanya menjadi bulan bertabur pahala, tapi juga merupakan bulan pembakar dosa. Pada bulan ini, segala ibadah yang kita kerjakan akan dilipatgandakan pahalanya.

Disisi lain, ibadah-ibadah itu juga sekaligus menjadi pembakar dosa-dosa yang sudah dikerjakan. Salah satu ibadah yang tidak boleh disepelekan manfaatnya ialah wudhu. Sebab, ibadah ini bisa menggugurkan dosa-dosa yang ada di anggota badan.

Demikian diungkapkan Guru Besar Ilmu Fiqih Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Ustaz Prof Dr Tgk Fauzi Saleh Lc MA, saat mengisi tausyiah dalam acara Serambi Spiritual di studio Serambi FM, Jumat (7/5/2021).

Tausyiah Ramadhan 1442 H dalam program Serambi Spritual itu merupakan kerja sama Radio Serambi FM dengan Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI), dipancarkan melalui saluran radio 90,2 Mhz dan live streaming di Fanspage Serambinews.com serta Instagram Serambi FM.

Dijelaskan Tgk Fauzi, secara harfiah bulan Ramadhan berasal dari kata Ramdha yang berarti panas yang luar biasa. Sementara alasan bulan ini disebut dengan bulan Ramadhan, karena keistimewaannya yang bisa menghapuskan dosa. "Mengapa disebut Ramdha? Karena panasnya itu membakar. Membakar apa? membakar dosa-dosa manusia," terangnya.

"Ramadhan secara harfiah memang maknanya membakar dosa-dosa, membakar kesalahan-kesalahan," lanjutnya.

Sebagai manusia, setiap orang pasti tidak pernah luput dari dosa. Maka sudah sepatutnya untuk selalu memohon ampunan dan bertaubat pada Allah Swt atas segala perbuatan dosa yang dikerjakan itu. Bulan Ramadhan ini menjadi kesempatan besar setiap muslim meningkatkan ibadah. Sebaiknya kesempatan itu tidak disia-siakan, terutama pada 10 malam terakhir Ramadhan.

Tgk Fauzi mengatakan, ibadah-ibadah yang dikerjakan selama bulan Ramadhan itu memiliki manfaat yang saling berkaitan. Beberapa amalan yang dikerjakan di bulan Ramadhan yang bisa menghapuskan dosa ialah memperbanyak istighfar, membaca Alquran serta bersedekah. “Istighfar, selain untuk meminta ampunan pada Allah, manfaatnya juga bisa mendatangkan rezeki atau memudahkan segala urusan,” katanya.

Ramadhan juga merupakan bulan turunnya Alquran. Maka sudah sepatutnya setiap muslim lebih sering untuk membaca kalam Allah Swt ini. Memperbanyak tadarus Alquran, kata Tgk Fauzi, selain meningkatkan spiritual dengan Allah Swt, juga bisa memperbaiki emosional dan perilaku sosial kita kepada sesama manusia menjadi lebih baik lagi.

Sehingga membuat kita jadi lebih sering untuk bersedekah yang merupakan salah satu ibadah penggugur dosa. "Jadi inilah keterkaitan antara bulan ramadhan sebagai bulan pengampunan atau pembakaran dosa, dengan ibadah-ibadah lain berjalan satu paket. Orang yang diampuni dosanya akan baik hatinya. Orang yang baik hatinya akan baik hubungannnya dengan Allah Swt dan baik hubungannya dengan sesama manusia," terang Tgk Fauzi.

Terkait apakah ibadah-ibadah yang terus dilakukan itu bisa menghapus dosa secara otomatis? Tgk Fauzi menggambarkannya seperti saat seseorang berwudhu. "Kalau umpamanya kita berwudhu, dosa-dosa yang ada di tempat kita alirkan air akan turun bersama dengan air wudhu," katanya.

Tgk Fauzi juga menyarankan, sebagaimana manfaat luar biasa air wudhu yang bisa mengalirkan dosa itu, maka sebaiknya kita tidak mengeringkan air wudhu. "Biarkan dia mengering sendiri. Karena tetesan air wudhu itu bukan air biasa," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, wudhu membuat air yang biasa menjadi luar biasa karena manfaatnya itu. Itu juga yang menjadi alasan mengapa berwudhu juga memiliki syarat, rukun dan aturan-aturan syariatnya. 

Wudhu, tambah Tgk Fauzi, juga termasuk ibadah. Sehingga memperbanyak wudhu di bulan Ramadhan, bukan hanya terhitung sebagai ibadah, tapi juga bisa menghapus dosa.(yh)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved