Breaking News:

Inspektorat Bentuk Tim Audit Dana RSUD Sigli

Inspektorat Pidie membentuk tim untuk mengaudit dana dari pendapatan yang dikelola RSUD Tgk Chik Di Tiro, Sigli

Editor: hasyim
SERAMBINEWS/MUHAMMAD NAZAR
RSUD Tgk Chik Di Tiro Sigli, Pidie. 

SIGLI - Inspektorat Pidie membentuk tim untuk mengaudit dana dari pendapatan yang dikelola RSUD Tgk Chik Di Tiro, Sigli. Dana tersebut bersumber dari jasa medis dan APBK 2021.

Kepala Inspektorat Pidie, Mukhlis SSos MSi, kepada Serambi, Minggu (9/5/2021) mengatakan, audit dilakukan pihaknya setelah ada surat dari RSUD Tgk Chik Di Tiro. Surat tersebut meminta Inspektorat Pidie untuk mengaudit dana dari pendapatan jasa medis dan APBK serta kinerja rumah sakit berpelat merah tersrbut. "Permohonan audit isinya bersifat umum. Makanya, kita tidak mengaudit anggaran saja, tapi kinerja rumah sakit juga," jelasnya.

Untuk itu, sebut Mukhlis, pihaknya sedang menganalisa terhadap ruang lingkup RSUD Tgk Chik Di Tiro. Sehingga nanti diketahui berapa jumlah personel yang akan dilibatkan. “Personel yang kita libatkan nanti akan bekerja keras untuk menuntaskan audit tersebut,” timpal Mukhlis.

Jika ditemukan dana yang tidak sesuai dalam penggunaannya, menurut Mukhlis, pihaknya akan memberi waktu 60 hari kepada Manajemem RSUD Sigli untuk menyelesaikan. Jika tidak dilakukan, akan diserahkan kepada penyidik. “Hasil audit tersebut hanya dipublikasikan secara internal saja, kecuali jika ada temuan. Tapi, nila pihak majemen tidak menyelesaikannya, baru kita publikasi," tegasnya.

Seperti diketahui, RSUD Tgk Chik Di Tiro Sigli akan diaudit setelah puluhan cleaning service rumah sakit tersebut yang diduga dipecat melakukan unjuk rasa ke Kantor Bupati Pidie. Saat di Kantor Bupati Pidie, cleaning service itu diterima Sekda Pidie, H Idhami MSi. 

Kepada Sekda, petugas kebersihan itu menyampaikan bahwa dana rumah sakit kabupaten itu harus diaudit. Karena itu,Sekda Idhami kemudian memerintahkan Inspektorat Pidie untuk mengaudit RSUD Sigli. Tapi, sebelum sekda menyurati Inspektorat Pidie, ternyata Manajemen RSUD Sigli sudah lebih dulu mengirim surat ke Inspektorat Pidie dengan permintaan yang sama. 

Biar Terang Menderang

Direktur RSUD Tgk Chik Di Tiro, Sigli, dr Muhammad Yassir SpAn, kepada Serambi, Minggu (9/5/2021), menjelaskan, karena ada informasi miring di luar terkait pengelolaan anggaran di rumah sakit itu, pihaknya sudah meminta Inspektorat Pidie untuk melakukan mengaudit. Sehingga nanti, masalahnya bisa terang menderang. " RSUD Tgk Chik Di Tiro tahun 2020 pernah diaudit oleh Inspektorat Pidie, ternyata hasilnya bagus. Sekarang kan iklim transparan," tegasnya.

Terhadap cleaning service yang sebagian melakukan unjuk rasa ke Kantor Bupati Pidie beberapa waktu lalu, menurut Yassir, manajemen rumah sakit tidak pernah memecat mereka. Hanya saja, mereka meminta upah jerih dibayar sekaligus, sementara aturan membolehkan dibayar per bulan. "Pembayaran upah jerih dari dana APBK harus per bulan dan tidak boleh sekaligus. Dan, kami tidak pernah memecat mereka," jelas dr Muhammad Yassir. (naz)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved