Breaking News:

Jelang Lebaran, Banyak Pedagang dan ASN Tebus Emas di Pegadaian

Menjelang Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, sebagian besar pedagang dan ASN ramai menebus emas

Editor: hasyim
SERAMBI/ZAKI MUBARAK
Seorang warga menebus emas di Kantor Pegadaian Lhokseumawe, Sabtu (8/5/2021). 

LHOKSEUMAWE - Menjelang Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, sebagian besar pedagang dan ASN ramai menebus emas di Kantor Pegadaian Lhokseumawe. Hal itu diungkapkan Marketing Eksekutif Kantot Pegadaian Lhokseumawe, Masbul Watan, Minggu (9/5/2021).

Saat menjelang Ramadhan, sebutnya, banyak masyarakat yang menggadaikan barang berharganya seperti emas, kendaraan bermotor, dan lain-lain. Namun, menjelang hari meugang dan Lebaran Idul Fitri, justru ramai pedagang dan ASN yang menebus barang atau emas miliknya.

Umumnya masyarakat banyak yang sebelumnya menggadaikan perhiasan, setelah menerima tunjangan hari raya (THR) langsung menebusnya. Tapi, sambung Masbul, biasanya setelah Lebaran nanti kemungkinan masyarakat akan kembali menggadaikan perhiasannya.

“Karena sudah trennya, bila masyarakat membutuhkan uang akan menggadaikan barang milik mereka dan salah satu pilihannya adalah Kantor Pegadaian,” jelasnya. Hal itu, sambung Masbul, dilakukan masyarakat dengan alasan untuk kebutuhan pendidikan atau modal usaha.

Akil (49), ASN Pemkab Aceh Utara yang berdomisili di Kampung Keuramat, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, mengatakan, dirinya kerap menggunakan jasa pegadaian untuk mengatasi masalah keuangan keluarganya.  Sedangkan barang yang digadaikana berupa perhiasan emas dan biasanya butuh waktu satu atau dua bulan untuk menebusnya. “Karena saya ASN, setelah dapat THR langsung menebus emas,” katanya.

Akil menambahkan, seusai Lebaran biasanya tentu banyak pengeluaran hingga membuat keuangan menipis. Sementara di sisi lain, butuh dana untuk persiapan sekolah anak yang memulai tahun ajaran baru. Sehingga pada pertengahan Mei mendatang, tambak Akil, kemungkinan ia akan kembali menggadaikan emasnya untuk mendapatkan sejumlah uang. (zak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved