Breaking News:

Berita Aceh Singkil

MPU Aceh Singkil Terbitkan Pedoman Pendistribusian Zakat Fitrah 1442 Hijriah

Pendistribusian zakat fitrah di Kabupaten Aceh Singkil, belum seragam. Kemudian sebagian badan amil zakat di tingkat Kampong belum

SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Singkil, Saifuddin bersama ormas Islam dan intansi terkait gelar rapat penetapan zakat fitrah 1442 Hijriah, Kamis (22/4/2021) 

Laporan: Dede Rosadi I Aceh Singkil

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Pendistribusian zakat fitrah di Kabupaten Aceh Singkil, belum seragam. Kemudian sebagian badan amil zakat di tingkat Kampong belum memiliki legalitas.

Menuntaskan persoalan tersebut Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Singkil, melalui Kepala Peyelengara Zakat Wakaf Khasi'ah, surati MPU setempat terkait permohonan ketentuan pendistribusian zakat fitrah serta legalitas badan amil di setiap kampung dan masjid.

"Permintaan tersebut mengingat masih adanya perbedaan pendapat tantang pelaksanan sistim penyaluran zakat fitrah kepada golongan penerima zakat oleh amil pada setiap kampong di Kabupaten Aceh Singkil sehingga dampak dari itu dapat menimbulkan perdebatan di kalangan masyarakat, sebab dirasakan timbul ketidakadilan yang diterima oleh para mustahaq di sebabkan belum ada pedoman dalam sistim penyaluran zakat fitrah," ujarnya, Selasa (11/5/2021).

Akibatnya sebut Khasi'ah jumlah beras dari zakat fitrah yang diterima mustahiq tidak sama dengan asnaf yang lainnya.

Selain persoalan pendistribusian, masyarakat juga mempertanyakan tentang legalitas amil.

"Sehingga muncul kekhawatiran masyarakat dan para amil tentang sah atau tidaknya dalam mengumpul dan mendsitribusikan zakat fitrah," kata Khasi'ah.

Menurutnya dengan diterbitkannya tausiah (imbauan) MPU Aceh Singkil, Kemenag dapat menyampaikan ke masyarakat tentang pendistribusian dan legalitas zakat fitrah. 

Sementara itu berdasarkan permintaan Kemenag, MPU Aceh Singkil melalui Komisi A menetapkan tausiah pendistribusian dan legalitas amil.

Isinya antaralain:

Halaman
12
Penulis: Dede Rosadi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved