Breaking News:

Corona di Aceh

Aceh Peringkat 5 Secara Nasional Tingkat Kematian Akibat Corona

Early warning system di gampong yang selanjutnya menjadi tugas dari puskesmas juga belum menjadi strategi kordinasi pencegahan dan isolasi mandiri ata

SERAMBINEWS/dok Kemenkes
Aceh peringkat 5 besar tingkat kematian secara nasional akibat covid-19 di Aceh berdasarkan data Kementerian Kesehatan 

Laporan Asnawi Luwi |Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pengamat Kebijakan Publik Aceh, Dr Nasrul Zaman MKes, mengatakan, Aceh peringkat 5 besar tingkat kematian secara nasional akibat covid-19 di Aceh berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

"Kita seharusnya tidak hanya melihat soal komorbid saja tapi lebih jauh soal tingginya angka penularan covid-19 di Aceh yang menyebabkan para komorbid terpapar," ujarnya kepada Serambinews.com, Minggu (16/5/2021).

Dia sebutkan saat ini juga masih temukan bahwa Aceh belum punya database yang terintegrasi dengan seluruh kab/kota berkenaan dengan pelintas batas antar provinsi dan kab/kota.

Early warning system di gampong yang selanjutnya menjadi tugas dari puskesmas juga belum menjadi strategi kordinasi pencegahan dan isolasi mandiri ataupun isolasi yang dikelola pemerintah kab/kota maupun pemerintah Aceh.

Sungai Lawe Harum Aceh Tenggara Meluap, 28 Rumah Terendam, TNI Bantu Penanganan Banjir Ini

UPDATE - Lagi, Kasus Baru 57 Orang di Aceh Terkonfirmasi Positif Covid-19

Strategi meningkatkan jumlah warga yang diperiksa juga belum optimal karena hanya melakukan pemeriksaan di Banda Aceh di tiga lokasi RSUZA, Litbangkes dan USK.

Padahal Gubernur Aceh telah menunjuk 13 RSUD menjadi RSU rujukan covid-19. Namun, sayangnya belum disiapkan laboratorium yang mampu memeriksa virus covid-19 di RSU tersebut.

"Sejak Satgas covid-19 dibentuk upaya edukasi masyarakat untuk peningkatan kesadaran melakukan protokol kesehatan nyaris tidak dilakukan secara bottom up dan penegakan aturan prokes yang lemah oleh Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/ Kota," ujar Nasrul Zaman MKes kepada Serambinews.com dalam rilisnya, Minggu (16/5/2021).

Dia sebutkan satgas lebih banyak melakukan program kampanye lini atas seperti spanduk, baliho, radio dan lainhua melakukan pemberdayaan masyarakat melalui komunitas, ormas, OKP dan tokoh agama yang terintegrasi dan komprehensif.

"Kesadaran adalah kunci dalam menurunkan angka covid-19 jadi Seyogianya jika hendak meningkatkan kesadaran warga untuk taat prokes termasuk penggunaan masker, maka yang harus dilakukan adalah edukasi warga secara massif yang menggunakan seluruh saluran formal dan informal organisasi dan kelompok warga masyarakat yang ada dan tumbuh di kehidupan sehari-hari," ujanya.(*)

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved