Breaking News:

Petugas BKSDA Giring Gajah Liar ke Hutan

Petugas BKSDA Aceh SKW II Subulussalam, CRU Trumon dan mitranya menangani konflik satwa liar gajah-manusia di Desa Kapakseusak

Dok DLH
Rumah warga Desa Blang Lango, Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya yang diamuk gajah liar 

TAPAKTUAN - Petugas BKSDA Aceh SKW II Subulussalam, CRU Trumon dan mitranya menangani konflik satwa liar gajah-manusia di Desa Kapakseusak, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Senin (17/5/2021).

Penanganan tersebut dilakukan setelah tim menerima laporan via telpon bahwa rombongan gajah turun lagi ke perkebunan milik masyarakat. "Begitu menerima informasi, tim menuju lokasi konflik gajah-manusia," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Aceh, Hadi Sofyan SSi MSc, Senin (17/5/2021).

Menurut Hadi, upaya yang dilakukan oleh tim penanganan konflik gajah-manusia, diantaranya mengecek seluruh jalur pintu keluar gajah dari kawasan hutan ke perkebunan. "Tim menemukan jejak kotoran gajah dan melakukan upaya pengiringan dari hutan muda milik masyarakat ke kawasan hutan," ungkapnya.

Selain itu, tambahnya, tim juga melakukan patroli malam bersama dengan masyarakat. Gajah berhasil digiring kembali ke dalam kawasan hutan. "Pada malam hari gajah kembali masuk ke perkebunan masyarakat. Sampai saat ini tim dan masyarakat berusaha untuk terus menggiring gajah agar tidak kembali lagi ke perkebunan masyarakat," pungkasnya.(tz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved