Breaking News:

Berita Simeulue

Didampingi LKBH Simeulue, Enam Nelayan Kompresor Mulai Disidang

Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum (LKBH) Kabupaten Simeulue, mendampingi persidangan perdana terhadap enam nelayan kompresor Simeulue

Penulis: Sari Muliyasno | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Andri Rustika, Ketua LKBH Simeulue 

Laporan Sari Muliyasno I Simeulue

SERAMBINEWS.COM, SINABANG - Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum (LKBH) Kabupaten Simeulue, mendampingi persidangan perdana terhadap enam nelayan kompresor Simeulue.

Mereka didakwa telah melanggar Pasal 85 Jo Pasal 9 Jo Pasal 100B Undang Undang Republik Indonesia Nomor 45 tahun 2009 tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Andri Rustika, selaku pendamping hukum dari LKBH Simeulue dalam rilisnya, Selasa (19/5/2021) menyebutkan bahwa bantuan hukum yang diberikan kepada enam terdakwa BM, TWP, RAS, ADR, YM, DM.

Baca juga: Sekeluarga Meninggal di Aceh Timur, Ditabrak Honda Jazz dari Depan dan Dihantam Avanza dari Belakang

Bantuan itu merupakan instrumen penting dalam sistem peradilan pidana karena merupakan bagian dari perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) bagi setiap individu, termasuk hak atas bantuan hukum.

"Hak atas bantuan hukum merupakan salah satu hak yang terpenting yang dimiliki oleh setiap warga negara.

Karena dalam setiap proses hukum, khususnya hukum pidana, pada umumnya setiap orang yang ditetapkan sebagai tertuduh dalam suatu perkara pidana, tidaklah mungkin dapat melakukan pembelaan sendiri dalam suatu proses hukum dan dalam pemeriksaan hukum terhadapnya," kata Andri Rustika.

Baca juga: Suami Istri Meninggal Berpelukan, Terjebak Api Saat Rumah Terbakar, Korban Ditemukan di Bawah Tangga

Dalam sidang perdana tersebut, lanjutnya, sidang pembacaan dakwaan dari penuntut umum (PU).

Untuk pemberian bantuan hukum terhadap warga kurang mampu itu diberikan sejak ditahan sampai diperolehnya putusan pengadilan yang tetap. 

"Pemberian bantuan hukum oleh LKBH Simeulue untuk mendampingi klien kami.

Demikian juga untuk membela dalam hal materinya yang mana di sini diharapkan dapat tercapainya keputusan yang mendekati rasa keadilan dari pengadilan," pungkas Ketua LKBH Simeulue.(*)

Baca juga: Linto Baro di Antar Pakai Boat yang Dibuat Pemuda 4 Hari, Lintasi Irigasi Disaksikan Ratusan Warga

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved