Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Catat! Ini Waktu yang Tepat Bagi Masyarakat Aceh Laksanakan Shalat Gerhana Bulan Pada 26 Mei 2021

"Jadi, untuk Aceh, shalat gerhana bulan baiknya dilakukan langsung setelah shalat Magrib, mengingat durasi waktu gerhana untuk wilayah Aceh tidak...

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Nurul Hayati
nu.or.id
shalat gerhana 

"Jadi, untuk Aceh, shalat gerhana bulan baiknya dilakukan langsung setelah shalat Magrib, mengingat durasi waktu gerhana untuk wilayah Aceh tidak sampai satu jam," katanya.

Laporan Saiful Bahri I Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE -  Gerhana bulan total akan terjadi pada tanggal 26 Mei 2021 M bertepatan pada malam purnama 15 Syawal 1442 H, mulai pukul 16.45.19 WIB sampai pukul 19.51.41 WIB atau lima hari lagi.

Gerhana bulan total ini merupakan gerhana pertama dari empat kali gerhana yang terjadi di tahun 2021.

Dosen Ilmu Falak Jurusan Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah  IAIN Lhokseumawe, Tgk Ismail Is, Jumat (21/5/2021),  menjelaskan, gerhana bulan total ini bisa disaksikan di seluruh Indonesia saat bulan terbit di ufuk timur sampai peristiwa gerhana selesai. 

Untuk wilayah Aceh, gerhana bulan total ini hanya bisa dilihat setelah pase total, artinya gerhana hanya terlihat diparuh akhir. 

"Jadi, untuk Aceh, shalat gerhana bulan baiknya dilakukan langsung setelah shalat Magrib, mengingat durasi waktu gerhana untuk wilayah Aceh tidak sampai satu jam," katanya.

Untuk proses pengamatan, lanjut, Tgk Ismail, IAIN Lhokseumawe akan bergabung pengamatan secara virtual bersama 19 titik pengamatan di seluruh Indonesia lainnya. 

Baca juga: VIDEO Satlantas Polres Lhokseumawe Swab Antigen Sopir Angkutan Umun Yang Melintas

Acara pengamatan secara virtual ini melalui aplikasi Zoom Meeting yang divasilitasi oleh Planetarium & Observatorium Jakarta dan acara pengamatan bisa dilihat secara langsung di chanel youtube Planetarium & Observatorium Jakarta dari jam 15.45 sampai 21.30 Wib.

Pengamatan secara virtual ini akan sangat berguna bagi masyarakat Indonesia.

Dimana kondisi gerhana dari 20 titik pengamatan di Indonesia akan ditampilkan dalam satu chanel. 

"Jadi masyarakat bisa melihat langsung proses pengamatan di 20 titik di Indonesia," katanya.

Sedangkan 20 titik pengamatan  ini mewakili wilayah Indonesia, mulai dari ujung barat Indonesia, ada Observatorium Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga Banda Aceh, Observatorium Malikussaleh IAIN Lhokseumawe, Observatorium Ilmu Falak UMSU Medan, sampai wilayah paling timur Indonesia di Biak. 

Pengertian gerhana bulan

Baca juga: Biden Puji Mesir, Israel dan Jihad Islam Terims Inisiatif Mesir, Warga Palestina Tumpah ke Jalan

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved