Breaking News:

Pembayaran PKB Masih Rendah, Samsat dan Ditlantas akan Gelar Razia

Pemerintah melalui Kantor Samsat UPTD Kota Banda Aceh, bersama Ditlantas Polda Aceh, Polresta Banda Aceh, PT Jasa Raharja

Editor: bakri
Pembayaran PKB Masih Rendah, Samsat dan Ditlantas akan Gelar Razia
IST
BUSTAMI HAMZAH

BANDA ACEH - Pemerintah melalui Kantor Samsat UPTD Kota Banda Aceh, bersama Ditlantas Polda Aceh, Polresta Banda Aceh, PT Jasa Raharja, akan melakukan razia terhadap pajak kendaraan bermotor (PKB). Razia untuk wilayah Kota Banda Aceh itu akan digelar dua hari, 7-8 Juni 2021 mendatang.

Rencana razia PKB tersebut disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA), Bustami Hamzah, kepada Serambi, Kamis (27/5/2021). “Razia PKB itu dilakukan, karena sampai akhir Mei, jumlah kendaraan bermotor yang membayar pajak masih sangat rendah,” katanya.

Untuk pelaksanaan razia PKB, tambah Bustami, pihaknya akan menggandeng Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh. Sementara untuk lokasi razia, dipilih yang agak luas, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas umum dan tidak menimbulkan kerumunan warga.

“Di lokasi razia nantinya disediakan tenda besar dan satu unit mobil Samsat Keliling. Jika ada wajib pajak yang terkena razia PKB karena pajak tahunan kendaraannya sudah mati, bisa langsung membayarnya di mobil Samsat Keliling tersebut,” tandas Bustami Hamzah.

Sementara itu Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani SIK MH yang dikonfirmasi Serambi membenarkan pihaknya bersama Kantor Samsat Kota Banda Aceh, akan melakukan razia PKB. Razia itu, katanya, dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pemilik kendaraan bermotor agar membayar pajak kendaraan bermotornya tepat waktu, atau sebelum jatuh tempo.

Dikatakan, rencana razia PKB itu sudah dibahas bersama Kepala BPKA. “Ditlantas Polda Aceh mendukung penuh kegiatan itu, apalagi tujuannya untuk meningkatkan kesadaran warga dalam membayar PKB tepat waktu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Kantor Samsat Banda Aceh, Zubir mengatakan, rencana razia PKB ini hendaknya juga dilakukan di seluruh daerah. Alasannya, karena jumlah kendaraan bermotor yang membayar PKB dari Januari-April 2021 masih sangat rendah, di semua daerah.

Misalnya Kota Banda Aceh, jumlah kendaraan ada sekitar 288.339 unit, tapi yang sudah bayar pajak tahunan baru sekitar 42.354 unit atau 14,58 persen. “Razia PKB ini untuk membangun dan mendisiplinkan kesadaran masyarakat dalam membayar PKB tahunan tepat waktu.

Kabid Pendapatan BPKA, Zaumi Elfiza mengatakan, jadwal razia dilaksanakan usai Lebaran Idul Fitri agar tidak menimbulkan kesan atau imej negatif untuk petugas pelaksana razia.

Pada tahun 2021 ini, katanya, Pemerintah Aceh tidak membuat kebijakan pemutihan PKB maupun BBNKB II, karena sudah dilakukan pada tahun sebelumnya.  “Razia PKB ini juga untuk membantu masyarakat, agar tepat waktu membayar pajak agar tidak kena denda,” pungkasnya.(her)  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved