Breaking News:

Waspada Virus Corona

Jangan Salah Kaprah, Hasil Negatif Covid-19 Bukan Jaminan Anda Kebal dari Virus Corona!

Sebab, hasil tes negatif hanya menyatakan, sampai hari tes itu Anda belum tertular virus corona. Jadi, hasil tes negatif bukan berarti Anda kebal...

AFP/ISAAC LAWRENCE
ILUSTRASI tes swab Covid-19. 

SERAMBINEWS.COM - Tahukah Anda, hasil pemeriksaan Negatif Covid-19 tidak menjamin kebal terhadap virus corona baru. Sebab, kemungkinan Anda terpapar virus masih sangat besar, terlebih jika abai terhadap protokol kesehatan 3M. 

Sekadar diketahui, 3 M adalah memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun.

 "Anda tidak aman, tidak kebal, ketika berkerumum Anda masih bisa tertular dari orang lain," kata Kementerian Kesehatan dalam halaman Facebook resminya, Kamis (27/5/2021) pekan lalu.

Sebab, hasil tes negatif hanya menyatakan, sampai hari tes itu Anda belum tertular virus corona. Jadi, hasil tes negatif bukan berarti Anda kebal terhadap Covid-19.

Bisa saja selama di perjalanan atau hari-hari berikutnya, Anda postif Covid-19 karena tertular dari orang lain.

"Tes swab antigen atau PCR bukan mengukur kekebalan Anda, tetapi untuk mendeteksi, apakah Anda sudah tertular virus corona. Dan, kemampuan tes tersebut sangat bervariasi, sekitar 80-95%," ungkap Kementerian Kesehatan.

Artinya, dari 100 orang yang negatif, kemungkinan 5-20 orang sebenarnya positif tapi tidak terdeteksi oleh tes tersebut. Tanpa disadari, bisa menularkan ke orang-orang di sekitarnya.

Di dalam ruang tertutup, seperti kereta api, bus, kapal laut, dan pesawat, ada sekitar 5%-20% yang positif Covid-19 tapi tidak terdeteksi oleh tes tersebut.

"Jika masker melorot, longgar, atau terlalu tipis, maka virus dari 5%-20% orang-orang tersebut, yang sering mengobrol, selama perjalanan lebih dari 1 jam bida menyebar ke orang-orang di sekitarnya karena ruangan tertutup," jelas Kementerian Kesehatan.

Jadi, saat di tempat umum, seperti transportasi maupun di ruangan tertutup, sebaiknya tingkatkan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 dengan tidak melakukan interaksi langsung kepada orang lain.

Pastikan tetap jaga jarak dan jangan melakukan aktivitas yang membuatmu membuka masker di tempat umum. Setelah pulang ke rumah, pastikan segera mandi dan cuci pakaianmu dengan bersih.(*)

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul ‘Hasil tes negatif COVID-19 tidak jamin kebal virus, terlebih abai 3M'

Editor: Eddy Fitriadi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved