Breaking News:

Nasib 75 Pegawai KPK

Terkait Tes Wawasan Kebangsaan, Komnas HAM Periksa 6 Pengurus Wadah Pegawai KPK Hari Ini

"Pendalaman keterangan ini bertujuan menggali karakteristik dan dinamika pola kerja dan hubungannya dengan tes wawasan kebangsaan (TWK)," ucap Anam...

Editor: Eddy Fitriadi
kompas.com
Gedung KPK. 

SERAMBINEWS.COM - Komisi Nasional untuk Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menjadwalkan pemeriksaan terhadap anggota Wadah Pegawai (WP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (31/5/2021). 

Pemeriksaan itu terkait laporan dugaan pelanggaran HAM dalam tes wawasan kebangsaan untuk alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN). 

"Tim pemantauan dan penyelidikan Komnas HAM RI kembali akan melakukan pemeriksaan untuk pendalaman pegawai KPK," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam kepada Kompas.com, Senin (31/5/2021). 

"Komnas HAM berharap dapat memeriksa enam orang, termasuk pengurus Wadah Pegawai KPK," jelas dia.

Anam menambahkan, pemeriksaan itu dilakukan di Kantor Komnas HAM dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga selesai. 

"Pendalaman keterangan ini bertujuan menggali karakteristik dan dinamika pola kerja dan hubungannya dengan tes wawasan kebangsaan (TWK)," ucap Anam. 

Komnas HAM juga telah melakukan pemeriksaan terhadap pegawai KPK lain termasuk penyidik senior KPK Novel Baswedan pada Jumat (28/5/2021). 

Komnas HAM berencana memeriksa Ketua KPK Firli Bahuri pasca pemeriksaan pegawai KPK rampung.

"(Pemeriksaan Firli) setelah ini kelar. Semoga bisa cepat," ujar Anam. 

Sebelumnya diberitakan, Komnas HAM bakal menyelidiki kepatuhan KPK dalam pemenuhan standar dan norma hak asasi manusia terkait kebijakan TWK. 

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved