Breaking News:

Narkoba

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 5 Kg Sabu di Aceh Timur, 4 Tersangka Diamankan

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 5 Kg Sabu di Aceh Timur, 4 Tersangka Diamankan

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/Bea Cukai Aceh.
Tersangka dan barang bukti penyelundupan sabu-sabu di Aceh Timur yang digagalkan Bea Cukai dan Mabes Polri, Minggu (30/5/2021). 

Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kanwil Bea Cukai Aceh berhasil menggagalkan penyelundupan 5 kg sabu dan mengamankan pelaku, Minggu (30/5/2021) di Aceh Timur.

Penindakan terhadap penyelundupan kali ini melibatkan Bea Cukai Pusat, Bareskrim Polri, Kanwil Bea Cukai Aceh, dan Bea Cukai Lhokseumawe.

Kabid Humas Kanwil Bea Cukai Aceh, Isnu Irwantoro dalam siaran pers, Selasa (1/6/2021) mengatakan, keberhasilan petugas menggagalkan penyeludupan ini diawali dengan informasi yang diterima pada, Rabu (26/5/2021) oleh Tim Gabungan, yang mengungkap adanya kegiatan penyelundupan yang dilakukan oleh jaringan narkoba di daerah Aceh.

Kemudian Tim Subdit Narkotika Bea Cukai Pusat dan Tim NIC Direktorat Tindak Pidana (Dirtipid) Narkoba Bareskrim Polri bergerak dari Medan melewati jalur darat ke Aceh.

Di Aceh Selatan, Kepengurusan Tingkat Kecamatan Partai Ummat Sudah Melebihi Target Syarat Minimal

Aksi Bejat Bujang 46 Tahun Rudapaksa Anak Tetangga, Pelaku Kabur Saat Dipergoki Ibu Korban

Selanjutnya, pada Kamis (27/5/2021), Tim Gabungan tiba di Lhoksukon.

Kemudian, Jumat (28/5/2021), informasi berubah, lokasi transit narkoba disebutkan di Lhokseumawe. Lalu tim gabungan itupun bergerak ke kota tersebut untuk melakukan pemetaan dan pemantauan.

Akhirnya, pada Minggu (30/5/2021), Tim Gabungan yang terdiri dari Tim Bea Cukai Pusat, Tim Kanwil Bea Cukai Aceh, Tim Bea Cukai Lhokseumawe dan Tim NIC Ditipid Narkoba Bareskrim Polri berhasil menyergap pelaku dan barang bukti. Penyergapan berlangsung di Jalan Medan-Banda Aceh KM 355, Gampong Meunasah Teungoh, Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur.

Petugas berhasil mengamankan tiga tersangka, yaitu E, AI, dan AN.

Bersama tersangka diamankan barang bukti berupa sabu seberat 5 kg yang dibungkus dalam lima bungkusan warna biru. Empat unit mobil, dua unit sepeda motor, dan empat unit Handphone.

Berdasarkan pengakuan tersangka, barang tersebut dikirim oleh Tersangka M yang saat itu di rumahnya, di Lhokseumawe dan berhasil mengamankannya.

Atas upaya penyelundupan ini, pelaku dikenakan Pasal 111 ayat (1), Pasal 114 ayat (1) UU No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Saat ini hasil penindakan tersebut sudah diserahterimakan kepada Tim I NIC Dirtipid Narkoba Bareskrim Polri, guna dilakukan pengungkapan jaringan selanjutnya serta pengembangan tersangka terkait yang terindikasi kuat merupakan warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (LAPAS) Medan, Sumatera Utara. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved