Breaking News:

Berita Bireuen

1.040 Orang Calon Mahasiswa Baru UNIKI Bireuen Ikut SPMB

Sebanyak 1.040 calon mahasiswa baru Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen yang mendaftar pada gelombang pertama

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Kampus UNIKI Blang Bladeh, Jeumpa Bireuen, calon mahasiswa baru mengikuti seleksi system daring. 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Sebanyak 1.040 calon mahasiswa baru Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen yang mendaftar pada gelombang pertama beberapa waktu lalu, Rabu (02/06/2021) mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiwa Baru (SPMB) UNIKI system online.

Tahap pertama mereka mengikuti Tes Kemampuan Potensi Akademik (TPA).

Ketua SPMB Uniki, Dr Zainuddin Iba SE MM yang didampingi Drs Win Konadi MSi selaku Wakil Rektor III UNIKI kepada Serambinews.com, Rabu (2/6/2021) mengatakan, rencana awal TPA akan dilakukan secara tatap
muka.

Namun mengingat pandemi covid-19 maka dilakukan system online.

Baca juga: Positif Covid-19 di Bireuen Bertambah di Empat Kecamatan, Ini Datanya

Selanjutnya ke tahapan wawancara dan Uji kemampuan membaca Al Qur’an sebagai syarat mutlak calon dapat diterima pada tahun ini.

Mereka yang ikut SPMB  adalah calon mahasiswa yang mendaftar mulai 1 Maret 2021 – 31 Mei 2021.

Panitia telah menyeleksi berkas administrasi calon mahasiswa yang mendaftar, baik di kampus utama UNIKI Bireuen, kampus Lhokseumawe, dan beberapa dayah/pesantren yang selama ini telah bekerja sama dengan UNIKI.

"Jumlah calon yang mendaftar gelombang – I dari jalur KIP Kuliah merdeka, jalur Hafiz dan jalur mandiri sejumlah 1.040 calon," ujar Zainuddin yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I UNIKI.

Baca juga: Ini Pelaku Rudapaksa Gadis Sampai Berdarah, Ayah Dengar Suara Rintihan dan Warga Temukan Obat Kuat

Calon yang mendaftar pada gelombang-I, tambah Zainuddin, terbanyak di program studi Teknik Informatika Fakultas Komputer dan Multimedia, sejumlah 292 orang disusul PS Manajemen (253), Pendidikan Jasmani Olahraga (149), Akuntansi (131), Ilmu Hukum (103), Ilmu Pertanian (64) dan Program studi Peternakan (48).

Rektor UNIKI, Prof Dr Apridar SE MSi menambahkan ujian TPA dilaksanakan secara daring atau online. Hal ini, mengingat kondisi dan gejala covid 19 masih terus meningkat, juga mengindahkan anjuran pemerintah Aceh.

Tujuan  dilaksanakan TPA  untuk mengetahui kemampuan akademik mahasiswa baru, apakah mampu nantinya menyelesaikan pendidikan tepat waktu, juga kesesuaian program yang dipilih.

Baca juga: Sidak SPBU, Miris Ada Upah Pekerja Rp 600 Ribu - Rp 900 Ribu Per Bulan

Nantinya secara keseluruhan juga pada minggu pertama kuliah akan dilakukan pemeriksaan bebas narkoba.

Pemeriksaan ini juga untuk mengetahui bebas narkoba, dan akan ada pembinaan secara khusus apabila ada mahasiswa diketahui pernah terlibat pemakaian narkoba.

Menyangkut pengumuman hasil seleksi akan diumumkan satu minggu kedepan karena calon mahasiswa yang lulus TPA akan mengikuti ujian tes baca Al Quran. (*)

Baca juga: VIDEO Bidan Meninggal Tertabrak Truk 5 Hari Jelang Nikah, Calon Suami Nangis di Depan Jenazah

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved