Breaking News:

Raport Mutu Pendidikan Kota Subulussalam Masuk Peringkat 13 Se-Aceh

Rapor Mu tu Pendidikan Kota Subulussalam mengalami peningkatan pesat dari peringkat 19 naik menjadi 13

FOR SERAMBINEWS.COM
Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) ACEH Dr Muslihuddin, M.Pd 

SUBULUSSALAM - Rapor Mu tu Pendidikan Kota Subulussalam mengalami peningkatan pesat dari peringkat 19 naik menjadi 13. Hal itu disampaikan Ke pala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Aceh Dr. Muslihuddin, M.Pd dalam keterangan persnya kepada Serambinews.com, Selasa (1/6/2021).

Muslihuddin mengatakan perhitungan hasil raport mutu ini mengacu ke pada penilaian delapan stan dard pendidikan. Dikatakan, rapor mutu pendidikan didapatkan dari capaian Standar pelaya nan Minimal Internal dan Eksternal atau, SMPI dan SMPE.

Adapun SPMI menca kup 5 standar utama yang wajib dipenuhi sekolah. Yakni, Standar kelulusan, isi, proses, penilaian, dan pengelolaan. Sedangkan, SMPE merupakan standar minimal yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah. Dalam hal ini, standar PTK atau gu ru, sarana prasarana, dan keuangan. “Seluruh standar ini se suai dengan Permendikbud Nomor 28 Tahun 2016,” kata Muslihuddin Ketika ditanyai peringkat mutu pendidikan Kota Subulussalam sebelumnya, Muslihuddin menjelaskan berada di urutan ke 23 se Aceh.

Lalu mulai 2020 lalu, peringkat mutu pendidikan Kota Subulussalam pun mulai merangkak naik ke peringkat 19. Mulai 2020 sampai 2021 grafi knya selalu meningkat. Atas hal itu kepala LPMP Aceh mengapresiasi ker ja keras kepala Dinas Pen didikan Kota Subulussalam beserta seluruh jajaran yang telah melakukan langkah- langkah kongkrit mengubah perbaikan mutu pendidikan di Kota Sada Kata itu.

Menurutnya, kenaikan peringkat ini tentu dianggap luar biasa karena untuk menuju satu peringkat saja sebenarnya sulit kalau Dinas Pendidikan setempat tidak menyiapkan langkah- langkah yang strategis. Bahkan, lanjut Muslihuddin data progres pelaporan tercepat Pendidikan Kota Subulussalam berada diperingkat 1 (pertama) se Provinsi Aceh.

“Atas hal ini saya berharap perestasi dan kinerja tersebut harus dipertahan dan ditingkatkan. berbagai program yang sudah dirancang Dinas Pendidikan Kota Subulussalam,” tambah Muslihuddin. Upaya tersebut antara lain melalui sekolah pilot projec baik SD dan SMP harus didukung semua pihak. Muslihuddin menyatakan pihak LPMP Aceh siap melakukan pendampingan menyukseskan program Dinas Pendidikan Kota Subulussalam.

Begitupun soal kegiatan Dinas Pendidikan Kota Subulussalam yang sedang melakukan seleksi calon kepala dan pengawas sekolah. Kedua program tersebut menurut Muslihuddin sangat diperlukan dalam rang ka pemenuhan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik lagi. (SBS)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved