Breaking News:

Anggota Komisi X DPR RI Illiza Saaduddin Kecam Sinetron Suara Hati Istri, Sebut Tidak Mendidik

"Tayangan itu berbahaya dan tidak mendidik untuk masyarakat umum di televisi, utamanya anak-anak," ujar Illiza, kepada wartawan, Kamis (3/6/2021).

Editor: Faisal Zamzami
IST
Illiza Sa'aduddin Djamal saat wawancara khusus dengan Harian Serambi Indonesia sebagai satu-satunya perempuan yang lolos sebagai Anggota DPR RI di AL Hanifa Hotel, Lampriek, Banda Aceh, Jumat (10/5/2019). SERAMBI/M ANSHAR 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PPP Illiza Sa'aduddin Djamal mengecam tayangan sinetron 'Suara Hati Istri' di stasiun televisi swasta yang menayangkan aktris berusia 15 tahun bernama Zahra untuk memerankan istri ketiga dari laki-laki berusia 39 tahun.

"Tayangan itu berbahaya dan tidak mendidik untuk masyarakat umum di televisi, utamanya anak-anak," ujar Illiza, kepada wartawan, Kamis (3/6/2021).

 
"Apalagi syarat usia menikah berdasarkan UU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perkawinan, perkawinan hanya diizinkan apabila pria dan wanita sudah mencapai umur 19 tahun," imbuhnya.

Illiza khawatir jika tayangan itu terus dibiarkan, maka akan menginspirasi untuk terjadinya pernikahan usia dini.

Padahal, dia menjelaskan bahwa pernikahan dini membawa dampak negatif, di antaranya risiko bayi lahir stunting, kematian ibu dan bayi, gangguan kesehatan, pernikahan tidak harmonis dan lain sebagainya.

Bahkan, kata Illiza, angka perceraian pada pasangan menikah dini pun sangat tinggi.

"Tayangan itu juga termasuk mempromosikan pedofil. Tidak pantas seorang artis di bawah umur memerankan 'karakter dewasa', apalagi sampai memerankan adegan vulgar," jelasnya.

Lebih lanjut, Illiza meminta agar pemeran istri ketiga dari laki-laki berusia 39 tahun itu diganti dengan aktris yang tak di bawah umur.

"Kami meminta pihak Indosiar agar merubah pameran Zahra, diganti dengan artis yang tidak di bawah umur atau di atas 19 tahun. Dan kami meminta dunia perfilman agar bisa menghadirkan tayangan film yang mendidik dan tidak vulgar," katanya.

Baca juga: Sosok Pemeran Zahra di Sinetron Suara Hati Istri Indosiar, Baru Berusia 14 Tahun hingga Disorot KPI

Baca juga: Komentar Menteri PPPA Terkait Sinetron Suara Hati Istri yang Menghebohkan: Sangat Disayangkan

Melanggar Hak Anak

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved