Breaking News:

MTQ Tingkat Kabupaten Bireuen Dijadwalkan Juli

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-35 tingkat Kabupaten Bireuen dijadwalkan awal Juli 2021 mendatang

Editor: bakri
For Serambinews.com
Anwar SAg MAP, Kadis Syariat Islam Bireuen 

BIREUEN – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-35 tingkat Kabupaten Bireuen dijadwalkan awal Juli 2021 mendatang. Hanya saja, sistem pelaksanaan MTQ dan tempat akan dimusyawarahkan dengan unsur  Forkopimda Bireuen.

Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Bireuen, Anwar SAg MAP kepada Serambi, Jumat (4/6/2021), membenarkan jadwal tersebut. "MTQ tingkat kecamatan seluruhnya sudah selesai digelar, dan sudah ada pesertanya. Para juaranya akan mengikuti MTQ  di tingkat kabupaten. Rencananya kita gelar awal Juli 2021," jelasnya.

Walaupun sudah direncanakan dan mengingat kondisi Aceh dan Bireuen masih  pandemi Covid-19, ujar Anwar, sistem pelaksanaan MTQ segera dimusyawarahkan dengan Forkopimda. “Baik itu mengenai jadwal maupun  kegiatan akan dibahas. Formatnya sudah disiapkan apabila disepakati,” katanya.

Menurutnya, peserta MTQ dari masing-masing kecamatan tidak dikumpulkan  di kabupaten. Lalu, berbagai perlombaan digelar siang hari  tanpa keramaian. Kemudian,  peserta yang akan tampil saja datang ke arena. “Misalnya,  pagi hari tampil 20 orang, mereka saja yang datang mengikuti MTQ, sedangkan peserta lainnya tetap di suatu tempat,” jelasnya.

Guna menghindari  berkumpulnya warga saat MTQ berlangsung, DSI Bireuen sudah menyiapkan aplikasi zoom, dan siaran langsung dari media sosial. "Pesertanya tetap hadir ke arena, sementara penonton secara daring," terangnya.

Anwar mengatakan, ada empat lokasi yang disiapkan  yaitu panggung utama di Masjid Agung Sultan Jeumpa, Meunasah Kulah Batee, di SMAN 1 atau SMAN 2 Bireuen, dan gedung baru LPTQ di Cot Gapu. Dari empat lokasi tersebut, juga dibagi sejumlah cabang MTQ yang diikuti peserta.(yus)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved