Breaking News:

Video

VIDEO Pengungsi Rohingya di Aceh Timur Divaksin Covid-19, Pemkab Dirikan Tenda Bermalam

Idris, Keuchik Gampong Kuala Simpang Ulim, berharap kepada pemerintah agar segera mengevakuasi para pengungsi Rohingya itu ke tempat yang lebih layak.

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Pemkab Aceh Timur, melalui petugas Dinas Kesehatan setempat, sejak Jumat malam sudah melakukan pemeriksaan rapid test terhadap 81 warga Rohingya yang Terdampar di Desa Kuala Simpang Ulim, Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur.  

Menurut informasi dari Abu Ahmad, penerjemah bahasa dari IOM, mengatakan semua warga Rohingya tersebut terdaftar sebagai pengungsi di camp pengungsian Bangladesh.  

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur, Sahminan, mengatakan dari hasil pemeriksaan rapid test antigen semuanya non reaktif.  

Selain dilakukan pemeriksaan rapid test, juga dilakukan suntik vaksin terhadap para Rohingya.  

Diperkirakan yang bisa disuntik vaksin ada 70 orang selebihnya masih anak-anak di bawah usia 18 tahun.  

Asisten l Setdakab Aceh Timur, Syahrizal Fauzi, mengharapkan organisasi IOM dan UNHCR agar segera menangani pengungsi Rohingya lebih lanjut, agar tidak menimbulkan dampak sosial bagi masyarakat setempat.  

Pemkab Aceh Timur sudah melakukan upaya kemanusiaan bersifat darurat, diantaranya memberikan logistik, dan kebutuhan dasar lainnya, termasuk mendirikan tenda untuk Rohingya bermalam di lokasi terdampar.  

Idris Keuchik Gampong Kuala Simpang Ulim, juga berharap kepada pemerintah dan organisasi yang menangani Rohingya, agar segera mengevakuasi para pengungsi itu ke tempat yang memiliki fasilitas layak.  

Penulis: Seni Hendri
Editor: Hari Mahardhika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved