Breaking News:

Desa Miliarder Rata Dengan Tanah

Desa Miliarder Ini Terpaksa Diratakan karena Waduk Kuningan akan Segera Dilaunching 

Penghancuran bangunan rumah warga, kata Kusto, sesuai permintaan pemerintah. Karena seluruh lahan desa berikut bangunan rumah akan terendam...

Editor: Eddy Fitriadi
Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Seorang warga menangis ketika harus pergi dari kampung halamannya di Desa Kawungsari, Kuningan. 

SERAMBINEWS.COM - Sejumlah bangunan di desa miliarder di Kuningan, tepatnya, di Desa Kawungsari, Kecamatan Cibeureum, Kuningan, Jawa Barat  rata dengan tanah. 

Rumah sengaja diambrukkan oleh warga atau masing–masing pemilik rumah di desa tersebut.

“Memang bangunan rumah di desa kami hancur hingga rata dengan tanah ini oleh pemilik rumahnya sendiri,” kata Kepala Desa Kawungsari Kusto, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Kamis (10/6/2021).

Penghancuran bangunan rumah warga, kata Kusto, sesuai permintaan pemerintah.

Karena seluruh lahan desa berikut bangunan rumah akan terendam Waduk Kuningan yang akan segera dilaunching.

“Iya, dalam waktu dekat ini Waduk Kuningan akan beroperasi sebagai lumbung air. Kaitan dengan bangunan rumah dihancurkan ini sesuai arahan pemerintah juga. Sebab saat Waduk Kuningan berisi jutaan volume air, dasar embung itu tidak boleh ada bangunan apa pun,” ujarnya.

Kusto menambahkan beberapa warga juga telah pindah ke pemukiman baru, yakni perumahan di Desa Sukarapih, Kecamatan Cibingbin.

“Kalau bongkar rumah ini sudah beberapa hari dilakukan warga, kemudian beberapa warga juga ada yang telah bersiap membawa barang–barang untuk menempati rumah baru di Sukarapih,” ujarnya. 

Soal perasaan warga, kata Kusto, pasti tidak lepas dari suka duka. Apalagi mereka akan meninggalkan kampung kelahiran ini untuk selama-lamanya.

“Ya perasaan pasti suka duka. Tapi harus bagaimana lagi, di satu sisi harus taat terhadap pemerintah dan di satu sisi tentang tanah kelahiran dan kebanggaan,” ujarnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Desa Miliarder di Kuningan Kini Rata dengan Tanah"

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved