Breaking News:

Satgas Nemangkawi Duga Pemasok Senjata KKB Papua Terima Uang Rp 370 Juta dari Ketua DPRD Tolikara

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudusy mengatakan uang yang diterima sebesar Rp370 juta

Editor: Amirullah
(Istimewa)
Para anggota KKB yang diyakini adalah anggota dari Selcius Waker yang membakar sebuah gereja di Kampung Opitawak,Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (12/3/2020) 

SERAMBINEWS.COM - Satgas Nemangkawi menduga bahwa Ratius Murib alias Neson Murib yang juga menjadi pemasok senjata kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua mendapatkan uang dari Ketua DPRD Kabupaten Tolikara Sonny Wanimbo.

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudusy mengatakan uang yang diterima sebesar Rp370 juta yang digunakan untuk transaksi jual-beli senjata api dan amunisi untuk KKB Papua.

"Neson Murib membawa uang cash pecahan Rp 100 ribu sebanyak Rp 370 juta untuk bertemu dengan saudara Dewan Wenda yang mana bersedia membantu Neson Murib membeli senjata dan amunisi di Kabupaten Timika," kata Iqbal dalam keterangannya, Rabu (16/6/2021).

Menurut Iqbal, uang tersebut diduga diberikan Sonny Wanimbo kepada Neson pada April 2021 lalu di salah satu hotel di Papua.

Baca juga: Jadwal Live MotoGP Jerman 2021 di Trans7 – FP1 Mulai Jumat, Balapan Start Minggu Pukul 19.00 WIB

Baca juga: Seorang Pria Digerebek Mencumbu Wanita Kesepian, Si Wanita Panik Sembunyi di Bawah Ranjang

Satgas Nemangkawi menangkap Ratius Murib alias Neson Murib yang diduga merupakan jaringan penjual senjata api (senpi) dan amunisi ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Puncak Jaya, Papua.
Satgas Nemangkawi menangkap Ratius Murib alias Neson Murib yang diduga merupakan jaringan penjual senjata api (senpi) dan amunisi ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Puncak Jaya, Papua. (Istimewa)

Adapun Sonny dan Neson saling mengenal karena pernah mengenyam pendidikan di Universitas Warmadewa.

"Sonny Wanimbo merupakan teman kuliah Neson di Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali yang mana Sonny Wanimbo pada saat itu merupakan Ketua Ikatan Mahasiswa Pegunungan Sejawa dan Bali. Ia aktif dalam kegiatan-kegiatan organisasi dan kongres kemahasiswaan pegunungan," jelas Iqbal.

Lebih lanjut, kata Iqbal, pihaknya memiliki bukti yang kuat terkait adanya transaksi yang diberikan Sonny kepada Neson. Nantinya, Sonny bakal dipanggil untuk diperiksa terkait dugaan transaksi tersebut.

"Saat ini penyidik masih mendalami bukti transfer tersebut. Dan semua nama yang ada bukti transfer tersebut pasti akan di panggil penyidik," tukasnya.

Baca juga: Wanita Beranak Tiga Berzina dengan Pria Berondong, Kabur saat Digerebek Warga, Nyaris Diamuk Massa

Sebelumnya, Satgas Nemangkawi menangkap Ratius Murib alias Neson Murib yang diduga merupakan jaringan penjual senjata api (senpi) dan amunisi ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Puncak Jaya, Papua.

"Yang bersangkutan Neson Murib diduga jaringan penjual senjata api dan amunisi ke KKTB di Puncak Jaya," kata Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Iqbal Al-Qudusy dalam keterangannya, Selasa (15/6/2021).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved