Breaking News:

Survei LSI Denny JA Ungkap 3 King/Queen Maker di Pilpres 2024: Partainya Sudah Kantongi 3/4 Tiket

Ketiganya dianggap bisa menjadi king/queen maker karena partainya sudah mengantongi minimal 3/4 tiket guna mengusung cawapres dan capres.

Editor: Amirullah
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) berpamitan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) usai menggelar pertemuan tertutup di Jakarta, Rabu (24/7/2019). Pertemuan kedua tokoh nasional bersama sejumlah elit Partai Gerindra dan PDI Perjuangan tersebut dalam rangka silaturahmi pasca Pemilu Presiden 2019.(ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI) 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Lembaga survei LSI Denny JA mengatakan akan ada tiga king/queen maker pada Pilpres 2024 mendatang.

Ketiganya dianggap bisa menjadi king/queen maker karena partainya sudah mengantongi minimal 3/4 tiket guna mengusung cawapres dan capres.

"Ada tiga king atau queen maker dalam Pilpres 2024. Mengapa ada tiga tokoh ini kita sebut king atau queen 2024? Karena mereka sudah mengantongi minimal 3/4 tiket atau tiket penuh," ujar peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, dalam rilis secara virtual, Kamis (17/6/2021).

Adapun ketiga tokoh yang dimaksud Adjie adalah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Baca juga: Kabar Terkini, BCL Terpapar Covid-19, Ada yang Marah karena Dianggap Ini

Baca juga: Oknum Guru Senam Setubuhi Ponakan Berkali-kali, Ngaku Suka Sama Suka dan Jalin Cinta Terlarang

"Tokoh-tokoh itu adalah Megawati Soekarnoputri, kemudian Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto," jelas Adjie.

Adjie lantas menjelaskan Megawati mampu menjadi queen maker lantaran berdasarkan kursi di DPR, PDIP menguasai 128 kursi atau 19,33%. Sehingga PDIP memenuhi syarat dan berhak mengusung capres dan cawapres sendiri di Pilpres 2024.

Sementara Golkar hanya memiliki 85 kursi di DPR atau 12,31%, dan Gerindra 78 kursi di DPR atau 12,57%.

Menurut Adjie, baik Golkar dan Gerindra berarti hanya memiliki 3/4 tiket, dan membutuhkan 1/4 tiket lainnya untuk mengusung capres atau cawapres.

"Jika Golkar dan Gerindra akhirnya berkoalisi dengan salah satu partai yang saat ini punya kursi DPR maka sudah cukup memenuhi syarat pencalonan.

Namun pengecualian jika keduanya berkoalisi untuk PPP, karena mereka hanya memiliki 19 kursi di DPR," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Survei LSI Denny JA Ungkap 3 King/Queen Maker di 2024: Megawati, Prabowo, Airlangga

Baca juga: Okunum Guru Senam Setubuhi Ponakan Berkali-kali, Ngaku Suka Sama Suka dan Jalin Cinta Terlarang

Baca juga: Heboh Oknum Polwan Terseret Kasus Joki Tes Masuk Polri, Terungkap Saat Ada Wajah Baru Ikut Ujian

Baca juga: Simak, Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi agar Jantung Sehat, Mudah Ditemukan di Dapur

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved