Breaking News:

Akmal Serahkan Dokumen KEK ke Kemenkop dan UKM

Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim SH, menyerahkan dokumen perencanaan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Halal Barsela

Editor: bakri
DOK HUMAS ABDYA
Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, menyerahkan dokumen KEK Halal Barsela kepada Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM RI, Ir Arif Rahman Hakim MS dalam acara Silabis ke-12 yang diselenggarakan oleh ISMI di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Rabu (16/6/2021). Bupati Abdya didampingi, Kepala Bapeda, Firmansyah ST, juga hadir Ketua ISMI Pusat, DR Ing Ilham Akbar Habibie MBA. 

BLANGPIDIE - Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim SH, menyerahkan dokumen perencanaan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Halal Barsela (Barat Selatan) kepada Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM RI.

Dokumen perencanaan pembangunan KEK Halal Barsela di Teluk Surin, kawasan Samudera Hindia, Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, itu diserahkan kepada Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM RI, Ir Arif Rahman Hakim MS, didampingi Ketua ISMI Pusat Dr Ing Ilham Akbar Habibie MBA, dalam acara Silaturahmi Bisnis (Silabis) ke-12 yang diselenggarakan oleh Ikatan Saudagar Muslim Se-Indonesia (ISMI) di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Rabu (16/6/2021).

Ketika penyerahan dokumen perencanaan pembangunan KEK Halal Barsela, Bupati Akmal Ibrahim didampingi Kepala Bappeda Abdya, Firmansyah ST. Dokumen yang diserahkan kepada Kemenkop  dan UKM tersebut berisikan master plan, hasil studi kelayakan, dan analisis dampak lalulintas KEK Halal Barsela di kawasan Teluk Surin, Abdya.

Acara Silaturahmi Bisnis (Silabis) ke-12  dibuka oleh Sekretaris Menkop dan UKM RI,  Ir Arif Rahman Hakim MS. Akmal Ibrahim menyatakan  kesiapan Pemkab Abdya terkait lokasi pembangunan KEK Halal Barsela di Teluk Surin.

Di hadapan para saudagar yang tergabung dalam ISMI, Akmal Ibrahim juga menyampaikan bahwa Pemkab Abdya siap memfasilitasi dan sudah mempersiapkan diri untuk mewujudkan KEK Halal Barsela yang akan menjadi pusat ekonomi rakyat kawasan barat selatan, Aceh.

“Kami mempersiapkan lokasi lahan atau tanah di kawasan Tuluk Surin, dimana sebagian tanah sudah bersertifikat atas nama Pemkab Abdya sebagai lokasi pengembangan KEK Halal Barsela,” tandas Bupati Akmal Ibrahim.

Bupati Abdya itu menambahkan, untuk wilayah Barsela (barat selatan Aceh) potensi utamanya adalah pada sektor pertanian, kelautan, dan pertambangan. Sedangkan untuk sektor industri yang berkembang di wilayah Barsela  yang berbasis agro, dapat dilihat dari potensi lahan sawit yang cukup luas, dan ada 40 sampai 50 Pabrik Kelapa Sawit yang beroperasi di wilayah Barsela.

“Kelemahannya, di wilayah Barsela tidak mempunyai pelabuhan yang representatif termasuk di Aceh, sehingga banyak hasil olahan sawit dalam bentuk CPO, termasuk cangkangnya dikirim ke Medan melalui pelabuhan Belawan, Medan,  untuk diekspor,” tegas Akmal Ibrahim.

“Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut kami sangat harapkan dukungan dari ISMI dan Kementerian Koperasi dan UKM RI serta pihak-pihak lainnya untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan Kawasan KEK Halal Barsela berlokasi di Abdya yang sangat strategis,” pungkas  Akmal.(abd/zainun yusuf)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved