Breaking News:

Vaksinasi dan Swab Antigen Diterapkan, Klub Liga 3 Siap-siap Cari Dana Besar

Setelah setahun tanpa kompetisi akibat pandemi Covid-19, sepakbola Indonesia kembali bergairah. Bukan rahasia lagi, kalau jadwal kompetisi

Editor: bakri
YouTube Persis Solo
Bergabungnya duo pertahanan Persiraja di Liga 1 Musim 2020 dan pada Piala Menpora 2021, diunggah pada Instagram resmi @official.persissolo, Selasa (27/4/2021). 

Setelah setahun tanpa kompetisi akibat pandemi Covid-19, sepakbola Indonesia kembali bergairah. Bukan rahasia lagi, kalau jadwal kompetisi sudah ditetapkan oleh PSSI.

Liga 1 dijadwalkan bergulir 10 Juli 2021 mendatang. Setelah dua pekan, giliran Liga 2 berputar. Sementara klub Liga 3 sudah memiliki jadwal pertandingan rentang antara Juli dengan Oktober mendatang.

Klub Liga 1 dan Liga 2 boleh tersenyum gembira. Bukan hanya mendapatkan subsidi untuk ikut kompetisi, klub di Liga 1 dan 2 juga disediakan fasilitas untuk menjalani protokol kesehatan. PT Liga sudah berjanji akan menyediakan vaksinasi, dan swab antigen bagi klub profesional.

Bukan rahasia lagi, kompetisi di tengah pandemi tentu saja berbeda dengan kondisi normal. Kini, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh klub ketika mendaftar wajib menyerahkan bukti vaksinasi pemain. Tanpa itu, siap-siap klub Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 harus rela pemainnya tak disahkan.

Aturan ini jelas memberatkan bagi klub Liga 3. Kecuali harus memvaksin pemain, pengurus atau manajemen juga harus melakukan swab antigen setiap kali klubnya bertanding. Ingat! Kompetisi diputar dengan syarat protokol kesehatan secara ketat.

Tanpa protokol kesehatan, maka pihak kepolisian daerah, Satgas Covid-19, dan Pemkab/Pemko jelas-jelas tak akan memberikan izin penyelenggaraan. Mereka tentu saja tak ingin bila kompetisi Liga 3 nanti akan menjadi klaster baru virus Corona.

Terlebih, saat ini di Tanah Air dan Provinsi Aceh, jumlah kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. Berpijak dari kondisi tersebut, pihak kepolisian, Satgas Covid, dan Pemkab/Pemko tak akan memberikan rekomendasi ijin, bila gelaran kompetisi Liga 3 tidak menerapkan protokol kesehatan seperti vaksinasi pemain, dan swab antigen sebelum bertanding.   

Sebagaimana diketahui, salah satu alasan Kapolri memberikan ijin kompetisi adalah penerapan protokol kesehatan ketat. Dan itu sudah dibuktikan oleh klub-klub Liga 1 ketika bertanding di turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Karenanya, jika itu tak dipenuhi dalam kompetisi Liga 3, maka pihak kepolisian dan Satgas Covid memiliki hak untuk tak memberikan ijin keramaian.

Kondisi ini jelas tak menguntungkan klub Liga 3. Selain harus mengontrak pemain dan pelatih, maka pengurus dan manajemen harus mencari dana besar untuk swab antigen kepada pemain. Dan aturan itu sepertinya akan diterapkan oleh PSSI. Semua pemain yang ikut kompetisi harus disuntik vaksin, dan swab antigen menjelang pertandingan.(ran)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved