Breaking News:

Berita Aceh Utara

Suplai Gas Terputus, Operasional Pabrik Urea PIM Sudah Terhenti 24 Hari, Ini Penjelasan Humas

Operasional pabrik PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) yang memproduksi pupuk urea sudah terhenti selama 24 hari atau persisnya mulai 29 Mei 2021. 

Penulis: Jafaruddin | Editor: Saifullah
For: Serambinews.com
Vice President Humas Pupuk Iskandar Muda, Nasrun. 

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara 

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Operasional pabrik PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) yang memproduksi pupuk urea sudah terhenti selama 24 hari atau persisnya mulai 29 Mei 2021. 

Terhentinya produksi urea tersebut karena pasokan gas dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN) yang jatah gasnya bersumber dari PT Medco E&P Malaka yang berada di kawasan Aceh Timur, terputus. 

Karena saat ini Medco sedang melakukan pemeliharaan terhadap sumur gas tersebut dan diprediksi dalam waktu dekat proses pemeliharaan selesai. 

Jika pemeliharaan sumur gas sudah selesai, Medco akan dapat kembali menyuplai gas ke PGN untuk kemudian disuplai ke PIM. 

“Ya terhentinya opesional pabrik sejak 29 Mei 2021, dan ini sudah 24 hari berhentinya,” ujar Vice President Humas PT PIM, Nasrun kepada Serambinews.com, Senin (21/6/2021). 

Namun begitu, lanjut Nasrun, dalam waktu dekat jika pemeliharaan sumur gas di Aceh Timur sudah selesai, Medco akan dapat menyuplai kembali gas secara maksimal sesuai dengan kontrak. 

Baca juga: Pupuk Subsidi di Abdya Sudah 2 Bulan Kosong, Distributor Diduga tak Distribusi dan Minta Ini ke PIM

Baca juga: Target Operasional Pabrik NPK Milik PT PIM Diundur ke Tahun 2022, Ini Sebabnya

Baca juga: Gubernur Aceh Dukung Usaha yang Dijalankan PT PIM

“Jadi sebenarnya kontrak itu, PIM, kemudian Medco dan PGN,” ujar Nasrun. Medco menyalurkan gas ke PN sebagai pengelola gas niaga, kemudian PGN menyuplai ke PIM. 

“Jadi bila suplai gas dari Medco ke PGN berhenti atau berkurang, maka secara otomatis suplai PGN ke kita juga berkurang,” paparnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved