Breaking News:

Euro 2020, Tiga Big Match di Babak 16 Besar

Babak penyisihan grup Euro 2020 selesai pada Kamis (24/6/2021) dini hari WIB. Sebanyak 16 negara sudah memastikan diri melaju ke babak 16 besar

Editor: bakri
Euro 2020, Tiga Big Match di Babak 16 Besar
FOR SERAMBINEWS.COM

Babak penyisihan grup Euro 2020 selesai pada Kamis (24/6/2021) dini hari WIB. Sebanyak 16 negara sudah memastikan diri melaju ke babak 16 besar.  Mereka terdiri atas enam juara grup, enam runner-up, dan empat peringkat tiga terbaik. Pada 26-30 Juni 2021, ke 16 tim tesebut akan bertanding kembali di fase gugur pertama untuk memperebutkan delapan slot yang tersedia di babak perempat final.

Tim-tim yang lolos ke babak 16 besar sebagai juara dan runner-up dari masing-masing grup adalah Italia dan Wales (grup A), Belgia dan Denmark (grup B), Belanda dan Austria (grup C), Inggris dan Kroasia (grup D), Swedia dan Spanyol (grup E), serta Prancis dan Jerman (grup F). Sedangkan empat negara yang melenggang ke 16 besar sebagai peringkat ketiga terbaik masing-masing Republik Ceko (grup D), Swiss (grup A), Portugal (grup F), dan Ukraina (grup C).

Dari delapan laga di babak 16 besar, ada tiga partai yang bisa disebut sebagai pertandingan besar (big match). Pertama, pertarungan antara Belgia versus Portugal di Stadion La Cartuja de Sevilla, Spanyol, pada Senin (28/6/2021) dini hari WIB. Kedua, duel Inggris vs Jerman di Stadion Wembley, London, pada Selasa (29/6/2021) malam WIB. Duel ini bakal seru mengingat sejarah panjang antara kedua tim di turnamen besar.

Big match ketiga adalah laga Kroasia versus Spanyol di Stadion Parken, Denmark, pada Senin (28/6/2021) malam. Kroasia merupakan runner-up Piala Dunia 2018, sementara Spanyol merupakan juara Piala Dunia 2010 dan Euro 2012. Berdasarkan jadwal Euro 2020 di laman resmi UEFA, babak 16 besar akan dimulai pada Sabtu (26/6/2021) malam WIB dengan mempertemukan Wales dan Denmark.

Prancis dan Italia Favorit

Setelah babak penyisihan grup usai, ada perubahan konstelasi di antara tim-tim unggulan pada Piala Eropa kali ini. Perubahan itu tampak dari posisi unggulan tim yang tak sama lagi antara fase penyisihan grup dan babak 16 Besar. Pada awal babak penyisihan grup dulu, ada dua tim yang paling banyak dijagokan menjadi juara yaitu Prancis dan Inggris. Namun itu sekarang berubah. Meski menjadi tuan rumah pada laga semifinal dan final nanti, namun The Three Lions Inggris kini sudah kurang diunggulkan jadi juara.

Dalam survei yang dikutip dari ESPN setelah memasuki babak 16 Besar, Prancis masih bertahan sebagai tim paling diunggulkan. Kondisi itu sama seperti yang terjadi sebelum digelar babak penyisihan grup lalu. Namun, itu berbeda dengan tim Inggris. Setelah memasuki babak 16 Besar, harapan kepada timnas Inggris untuk bisa menjadi juara sedikit menurun. Posisi Inggris sebagai unggulan kedua kini disalip Italia yang melejit dari peringkat unggulan ke-7 sebagai tim yang banyak dijagokan untuk jadi juara.

Dalam survei ESPN, hingga Kamis (24/6/2021) sore, tim favorit juara berikutnya adalah Belgia. Konsistensi mereka meraih kemenangan membuat Belgia kini berada di urutan ketiga calon juara. Sejauh ini, hanya Italia yang bisa menandingi konsistensi Belgia.

Romelu Lukaku sudah berkontribusi pada tiga dari tujuh gol timnas Belgia. Mereka juga diperkuat lini pertahanan yang kokoh sehingga pada babak penyisihan hanya kebobolan satu gol saat lawan Denmark. Kevin De Bruyne kembali bermain setelah absen pada pertandingan penyisihan grup pertama. Dia bisa dibilang playmaker terbaik dunia saat sehat.

Lini tengah Belgia juga dihuni gelandang hebat berkualitas seperti Axel Witsel, Youri Tielemans, Thorgan Hazard, Yannick Carrasco, dan lain-lain. Di posisi penjaga gawang, ada Thibaut Courtois yang sudah menjadi pilar terakhir di belakang.

Jerman dan Inggris berada di kisaran yang cukup berimbang dalam posisi sebagai tim unggulan. Setelah babak 16 Besar, Inggris yang tadinya berada setara dengan Prancis di posisi dua besar turun ke peringkat kelima bersaing dengan Jerman. Penurunan ini bisa jadi karena kurang agresifnya striker-striker Inggris dalam mencetak gol.

Hampir sama dengan Inggris, timnas Jerman berada pada posisi unggulan di luar tiga besar. Tim Panser mengalahkan tim juara bertahan Portugal dengan skor 4-2 di babak penyisihan grup sebelum imbang 2-2 melawan Hungaria pada laga penyisihan grup terakhir.  Pada babak 16 Besar, Jerman harus berhadapan dengan Inggris, salah satu tim unggulan.

Meski tidak berada di lima besar terfavorit, Portugal bersama dengan bintangnya, Cristiano Ronaldo bukan tim yang bisa dianggap enteng. Mereka berada di peringkat enam terfavorit di ajang Euro 2020.

Ronaldo sudah mencetak lima gol di Euro 2020. Dia sudah menembus rekor sebagai pencetak gol terbanyak untuk timnas dengan 109 gol menyamai rekor striker Iran, Ali Daei. Pada Euro kali ini, tim juara bertahan Portugal mengulangi langkah mereka seperti tahun 2016 lalu yaitu lolos ke babak 16 Besar dari jalur peringkat tiga terbaik.(tribun network/mba)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved