Breaking News:

FAH UIN Gelar Roadshow Perpustakaan di Bireuen

Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar roadshow perpustakaan ke Bireuen

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Nurhayati Ali Hasan MLIS 

BANDA ACEH – Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar roadshow perpustakaan ke Bireuen. Kegiatan tersebut berlangsung mulai 29 Juni hingga 2 Juli 2021.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen. Di mana melakukan serangkaian kegiatan ke sekolah, dan madrasah yang ada di kabupaten setempat. Misalnya,  memberikan edukasi tentang optimalisasi penerapan teknologi informasi perpustakaan sekolah/madrasah, yang dipusatkan di Aula SKB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen.

Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan, Nurhayati Ali Hasan MLIS mengatakan,  roadshow perpustakaan yang bertajuk optimalisasi penerapan teknologi informasi di perpustakaan sekolah/madrasah, merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat bagi para dosen Prodi Ilmu Perpustakaan, terutama dalam rangka meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah/madrasah sebagai pusat informasi dan learning centre yang terkelola secara baik dan modern.

“Sebagai satu-satunya Prodi Ilmu Perpustakaan yang ada di Aceh, kita berkomitmen untuk melakukan pendampingan dan pengembangan perpustakaan di Aceh serta memastikan pembinaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) perpustakaan pada lembaga pendidikan,” kata Nurhayati Ali Hasan di sela-sela kegiatan optimalisasi penerapan teknologi informasi perpustakaan di MTsN 1 Bireuen, Kamis (1/7/2021).

Perpustakaan, kata Nurhayati, menjadi salah satu pilar penting bagi penyelenggaraan pendidikan di semua tataran, dan tingkatan lembaga pendidikan baik pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi.

“Sudah seharusnya semua lembaga pendidikan dan pemerintah termasuk Prodi Ilmu Perpustakaan menaruh perhatian bagi pengelolaan, dan pengembangan perpustakaan baik dari ketersediaan koleksi, pelayanan terhadap pemustaka, manajemen, penerapan teknologi dan sumber daya manusia yang handal dan ini menjadi salah satu mengapa kegiatan optimalisasi penerapan TI di Perpustakaan ini penting dilaksanakan,” ungkap Nurhayati Ali Hasan.

Rombongan roadshow perpustakaan ke Bireuen dipimpin langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Drs Anwar MHum, dan Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan, Nurhayati Ali Hasan MLIS.

Turut dalam rombongan Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI Aceh), Nazaruddin Musa MLIS, sejumlah dosen dan alumni Prodi Ilmu Perpustakaan.(mis/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved