Breaking News:

Menggalang Dana CSR untuk Masyarakat

GUBERNUR Aceh Ir Nova Iriansyah, MT terus berupaya untuk menambah belanja pembangunan melalui non APBA yaitu dengan mengkonsolidasi

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Penandatanganan MOU Tahap I dengan 13 Perusahaan pada tanggal 23 Oktober 2020 

GUBERNUR Aceh Ir Nova Iriansyah, MT terus berupaya untuk menambah belanja pembangunan melalui non APBA yaitu dengan mengkonsolidasi dan mengkoordinasikan pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) atau dalam dunia bisnis sering disebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR).

Penyelenggaraan TJSLP Aceh berpegang kepada pasal 159 UUPA yang menyatakan bahwa Pasal 159 (1) Setiap pelaku usaha pertambangan yang melakukan kegiatan usaha pertambangan di Aceh berkewajiban menyiapkan dana pengembangan masyarakat. (2) Dana pengembangan masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota, dan pelaku usaha yang besarnya paling sedikit 1 (satu) persen dari harga total produksi yang dijual setiap tahun.

Akan tetapi pasal ini khusus untuk usaha tambang atau sumber daya alam, namun TJSLP/ CSR Aceh bukan hanya diikuti oleh perusahaan tambang atau di bidang sumber daya alam akan tetapi juga diikuti oleh beberapa perusahaan non sumber daya alam seperti perbankan dan lainnya.

Agar pelaksanaan CSR punya dasar hukum peaksanaan sebagai pedoman tehnis, maka Bappeda Aceh telah menginisiasi lahirnya Peraturan Gubernur Aceh Nomor 65 Tahun 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) di Aceh.

Pergub ini diharapkan dapat menjadi pedoman ataupun arahan bagi semua pihak baik Pemerintah Daerah, Perusahaaan Swasta/ BUMN serta seluruh pemangku kepentingan dalam melaksanakan program TJSLP di Aceh. Sebagai komitmen bersama antara perusahaan swasta/BUMN dan Pemerintah Aceh dalam mendukung percepatan pencapaian kesejahteraan masyarakat, Bappeda Aceh telah melaksanakan penandatangan bersama Nota Kesepahaman/MOU antara Pemerintah Aceh dan perusahaan swasta/BUMN.

Terdapat 20 perusahaan yang telah menandatangi Nota Kesepahaman/MOU TJSLP antara Pemerintah Aceh dengan perusahaan swasta/BUMN di Aceh. Adapun perusahaan tersebut adalah sebagai berikut: 1) PT. PLN UIW Aceh, 2) PT. Pegadaian (Persero) Syariah Area Banda Aceh, 3) PT. MIFA Bersaudara, 4) PT. Agrabudi Jasa Bersama, 5) PT. Bara Energi Lestari, 6) PT. Pupuk Iskandar Muda, 7) PT. Solusi Bangun Indonesia, 8) PT. Aroma Cipta Anugerahtama, 9) PT. Pertamina Hulu Energi NSB, 10) PT. Pertamina EP Field Rantau Persero Area, 11) PT. Perkebunan Nusantara I, 12) PT. Zaratex NV, 13) PT. Triangle Pase Inc, 14) PT. Boswa Megalopolis 15) PT. Bank Aceh Syariah, 16) PT. Bank Mandiri Syariah, 17) PT. Dunia Barusa, 18) PT. Medco E&P Malaka, 19) PT. Aceh Media Grafi ka dan 20) Rumah Sakit Tengku Fakinah. Sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman/MOU tersebut, Bappeda Aceh telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) TJSLP Tahun 2021 pada tanggal 11 – 12 Januari 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk mensinergikan program TJSLP dan prioritas pembangunan Aceh Tahun 2021.

MUSRENBANG TJSLP Tahun 2021 telah membahas sebanyak 14 RENJA TJSLP Swasta/BUMN Tahun 2021 dan telah dilakukan penandatangan bersama antara Gubernur Aceh dan perusahaan swasta/BUMN pada tanggal 15 Maret 2021 bertempat di Anjong Mon Mata dengan total alokasi anggaran sebesar Rp. 41.9 Miliar. 14 (empat belas) perusahaan swasta dan BUMN tersebut adalah sebagai berikut: 1) PLN UIW Aceh, 2) PT. Pegadaian (Persero) Syariah Area Banda Aceh, 3) PT. MIFA Bersaudara, 4) PT. Agrabudi Jasa Bersama, 5) PT. Bara Energi Lestari, 6) PT. Pupuk Iskandar Muda, 7) PT. Solusi Bangun Indonesia, 8) PT. Pertamina Hulu Energi NSB, 9) PT. Pertamina EP Field Rantau Persero Area, 10) PT. Perkebunan Nusantara I, 11) PT. Dunia Barusa, 12) PT. Medco E&P Malaka, 13) PT. Aceh Media Grafi ka dan 14) Perum. Bulog Kanwil Aceh.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved