Breaking News:

Euro 2020, Azzurri Siap Tempur di Final

ITALIA berhasil lolos sebagai finalis Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Spanyol lewat adu penalti dengan skor 4-2 (1-1), dalam babak semifinal

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM

ITALIA berhasil lolos sebagai finalis Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Spanyol lewat adu penalti dengan skor 4-2 (1-1), dalam babak semifinal di Stadion Wembley, London, Inggris, pada Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. Selangkah lagi, mereka meraih gelar juara Euro kali ini. Pelatih Roberto Mancini adalah arsitek di balik revolusi penampilan Italia yang kini telah bertransformasi. Di bawah Mancini, Italia tidak lagi menampilan gaya Catenaccio yang cenderung bertahan.

Mancini sudah mengubah stigma Italia main mengandalkan pertahanan grendel. Kini, Italia telah berubah menjadi tim yang lebih menyerang dan produktif dengan mencetak banyak gol. Mancini sukses mengubah Italia dari tim yang kecewa karena gagal lolos Piala Dunia 2018 menjadi tim yang bahagia dengan kekuatan baru. Saat ini, mereka adalah calon juara Euro 2020.

Tiga tahun lalu, Italia tidak lolos ke Piala Dunia Rusia. Sekarang, Mancini sudah mengubahnya menjadi kekuatan baru yang tinggal selangkah lagi meraih kejayaan di Euro 2020. Setelah Italia mengalahkan Belgia, ada kebanggaan besar pada diri Mancini. Mereka sukses mengalahkan tim yang sedang berada di peringkat teratas dunia. Pertandingan yang seharusnya sulit tapi Italia berhasil membuatnya terlihat begitu mudah.

Dongeng kebangkitan Italia masih berlanjut, meski pada awal turnamen tidak ada yang memilih Italia sebagai salah satu tim yang akan mencapai empat besar atau bahkan menembus final. Sama halnya dengan tak ada yang menyangka jika Prancis, Portugal, dan Jerman akan tersingkir, bahkan sebelum babak perempat final.

Tapi, perjuangan Italia masih belum selesai. Seperti kata Mancini usai menang atas Spanyol. Mancini mengakui Spanyol menyebabkan masalah dengan mengubah taktik hingga timnya harus bekerja keras untuk mencapai Final Euro 2020.

Azzurri dipaksa untuk melakoni perpanjangan waktu dan adu penalti setelah Alvaro Morata membalas gol pembuka Federico Chiesa dalam waktu 90 menit. Jorginho menjadi penendang penentu kemenangan Italia dengan penyelesaian yang dingin.

“Adu penalti itu kejam. Itu adalah tim yang tangguh, Spanyol adalah tim hebat yang bermain sangat baik. Kami tidak bermain seperti biasanya, tetapi berjuang keras dan tahu akan seperti ini," kata Mancini dikutip dari Football Italia.

"Tim sepak bola menyerang dan bertahan, mereka tidak bisa hanya menyerang. Kami berdua memiliki peluang, ini adalah tim yang hebat, semua tim bisa bertahan, bukan hanya tim Italia," katanya. “Apresiasi untuk para pemain, karena mereka percaya pada semua ini sejak tiga tahun lalu, tapi perjuangan ini belum berakhir. Kami harus mengumpulkan kekuatan kami, apa yang tersisa, dan bersiap untuk Final,” timpalnya.

Turnamen internasional penuh kejutan. Hanya mereka yang mengikuti kebangkitan Italia selama 18 bulan terakhir yang tahu bahwa perjalanan Italia untuk sampai ke final ini dipersiapkan dalam perjuangan yang panjang.

Italia adalah negara dengan sejarah panjang sepak bola. Namun, dalam dekade terakhir mengalami kemunduran hingga puncak kemunduran mereka terjadi saat gagal lolos ke putaran final Piala Dunia yang sangat mengecewakan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved