Breaking News:

Idul Adha

MPU Keluarkan 6 Poin Terkait Idul Adha, Minta Masyarakat Gemakan Takbir dan Tetap Berkurban

Tausiah yang dikeluarkan tanggal 8 Juli 2021 ditandatangani oleh Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali bersama dua wakil ketua, Dr Tgk H Muhibbuththabary M

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Ansari Hasyim
Peserta membawa obor dan mobil hias yang mengikuti pawai takbiran Idul Adha 1436 Hirjiah saat melintas di Jalan STA Mahmudsyah, Banda Aceh, Rabu (23/9) malam. SERAMBI/BUDI FATRIA 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengajak masyarakat untuk menyemarakkan hari raya Idul Adha 1442 Hijriah lewat gema takbir.

Ajakan itu disampaikan melalui tausiah nomor 5 tahun 2021 M/1442 H tentang pelaksanaan ibadah Idul Adha, penyembelihan hewan qurban, dan kegiatan keagamaan lainnya tahun 1442 H.

"Diminta kepada setiap komponen masyarakat untuk mengumandangkan takbir di masjid, tempat ibadah dan tempat kediaman masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," bunyi salah satu tausiah tersebut.

Tausiah yang dikeluarkan tanggal 8 Juli 2021 ditandatangani oleh Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali bersama dua wakil ketua, Dr Tgk H Muhibbuththabary MAg dan Tgk H Hasbi Albayuni.

Sebentar Lagi Idul Adha 1442 H, Simak 5 Sunah Dilakukan Sebelum Salat Id

MPU Aceh mengeluarkan enam poin yang berkaitan dengan tata cara pelaksanaan kegiatan keagamaan di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melonjak.

1. Diminta kepada setiap komponen masyarakat untuk menyambut hari raya Idul Adha dengan melaksanakan ibadah shalat Id dan penyembelihan quran sebagai wujud rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama.

2. Diminta kepada pengurus masjid dan tempat shalat Id lainnya untuk mengatur pelaksanaan shalat Id dan khutbah secara padat dan singkat serta memperhatikan protokol kesehatan.

Pemerintah Aceh Larang Takbir Keliling Idul Adha, Di Masjid/Musalla Boleh Asal Ikuti Aturan Ini

3. Diminta kepada panitia penyembelihan hewan quran untuk menyesuaikan jumlah personelnya, menambah jumlah tempat penyembelihan dan membagi waktu penyembelihan menjadi 2, 3, dan sampai 4 hari.

4. Diminta kepada setiap komponen masyarakat untuk mengumandangkan takbir di masjid, tempat ibadah dan tempat kediaman masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

5. Diminta kepada setiap komponen masyarakat untuk melakukan ziarah, silaturahmi, dan kegiatan lainnya agar memperhatikan ketentuan syariat dan protokol kesehatan.

6. Diminta kepada pemerintah agar memfasilitasi pelaksanaan protokol kesehatan dalam menjalankan ibadah Idul Adha, penyembelihan hewan qurban dan kegiatan keagamaan lainnya sehingga dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan syariat dan terhindar dari potensi penularan Covid-19.(*)

Baca juga: VIDEO Efek Vaksinasi Covid-19 tak Berbahaya | Wawancara Khusus Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Aceh

Baca juga: Masih Bungkam Terkait Isu Anak di Luar Nikah dari Wenny Ariani, Rezky Aditya: Bodo Amat Sama Netizen

Baca juga: Melaju Kencang Tanpa Lampu Penerang, Sepmor Tabrak Truk Tronton Parkir, Lalu Disambar Truk Colt

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved