Breaking News:

Golongan Darah

Manusia dengan Golongan Darah Apa yang Mudah Tertular Covid-19? Berikut Hasil Riset Terbaru

pada awal pandemi, ada laporan yang menunjukkan orang dengan golongan darah A lebih rentan terhadap Covid-19....

Editor: Eddy Fitriadi
Davidwolfe.com via Tribunnews
Ilustrasi golongan darah A, B,O, dan AB. Riset terbaru membuktikan bahwa golongan darah Anda tidak ada hubungannya dengan risiko tertular virus Corona. 

SERAMBINEWS.COM - Golongan darah manusia terdiri dari jenis A, B, AB, dan O. Dari keempat jenis golongan darah itu, yang mana paling mudah tertular Covid-19?

Riset terbaru membuktikan bahwa ternyata golongan darah Anda tidak ada hubungannya dengan risiko tertular virus Corona.

Penelitian terhadap hampir 108.000 pasien  tidak menemukan hubungan sama sekali antara golongan darah dan risiko Covid-19.

Seperti dilansir dari WebMD, pada awal pandemi, ada laporan yang menunjukkan orang dengan golongan darah A lebih rentan terhadap Covid-19.

Sementara yang memiliki golongan darah O katanya lebih kebal terhadap infeksi. 

Tapi  laporan tersebut kini terbantahkan.

"Sejak awal pandemi ini, ada hubungan yang didalilkan antara golongan darah dan kerentanan penyakit," kata Dr. Amesh Adalja, seorang sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins seperti yang dilansir WebMD.

"Dari penelitian besar ini, tampaknya tidak ada hubungan antara golongan darah dan kerentanan atau keparahan, dan penjelasan lain mungkin ada," tambah Adalja, yang tidak berperan dalam penelitian tersebut.

Sebuah laporan awal dari China menunjukkan bahwa golongan darah dapat mempengaruhi risiko Covid-19. Studi selanjutnya dari Italia dan Spanyol mendukung hal itu, kata para peneliti dalam catatan latar belakang.

Namun, penelitian lain dari Denmark dan Amerika Serikat menawarkan hasil yang beragam dan bertentangan.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved