Breaking News:

Ini Peralatan Memasak yang Lebih Aman untuk Kesehatan

Akan tetapi, makanan yang kamu masak di rumah belum tentu sehat apabila kamu salah dalam memilih peralatan memasak.

Editor: Mursal Ismail
SERAMBI/SA’DUL BAHRI
Warga bergotong royong memasak kanji rumbi di halaman Masjid Al Mabrur, Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Sabtu (2/5/2020) sore. 

Akan tetapi, makanan yang kamu masak di rumah belum tentu sehat apabila kamu salah dalam memilih peralatan memasak.

SERAMBINEWS.COM - Umumnya mengonsumsi makanan yang dimasak sendiri di rumah jauh lebih sehat dan higienis dibanding makanan yang dibeli di luar.

Akan tetapi, makanan yang kamu masak di rumah belum tentu sehat apabila kamu salah dalam memilih peralatan memasak.

Wilman Hilmani, General BOLDe Indonesia mengatakan, ada beberapa jenis peralatan yang harus dihindari untuk digunakan sebagai alat masak.

“Sebab, ada peralatan masak yang mengandung zat beracun berbahaya yang dapat melepaskan zat tersebut ke dalam makanan,” kata Wilman.

Di antaranya adalah panci berbahan teflon, meskipun anti lengket, teflon ternyata mengandung bahan kimia berbahaya yakni polytetrafluoroethylene (PTFE) yang berpotensi menyebabkan kanker.

Suzanne Fenton, ahli endokrin reproduksi di Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan di Carolina Utara menyebut alat masak anti lengket mengandung polytetrafluoroethylene (PTFE). 

Plastik bening ini digunakan untuk melapisi panci dan wajan logam, memberikan permukaan lilin yang mudah dibersihkan.

Lapisan itu dianggap tidak beracun bahkan jika Anda menelan serpihan kecil darinya. Tetapi beberapa ahli memang khawatir tentang apa yang terjadi jika teflon menjadi terlalu panas.

"Saat panci terlalu panas, lapisan PTFE itu mulai hancur dan akan tercampur dalam makanan yang dimasak," kata Fenton dikutip dari Live Science, Senin (5/10//2020).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved