Breaking News:

Berita Aceh Utara

Sukses Budidaya Patin, Poktan Binaan Kodim 0103/Aceh Utara Kembali Tabur 10.000 Benih Ikan

Poktan Ikan Patin ini merupakan Cluster Perikanan salah satu sasaran dari kegiatan Serbuan Teritorial (Serter) Kodam IM pada tahun 2020 yang lalu yang

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: Mursal Ismail
For Serambinews.com
Kelompok Tani Ikan Patin Keramba Jaring Apung Desa Tanjung Dalam Selatan, Kecamatan Langkahan, Aceh Aceh Utara, kembali menabur 10 ribu ikan patin, Minggu (18/77/2021) 

Poktan Ikan Patin ini merupakan Cluster Perikanan salah satu sasaran dari kegiatan Serbuan Teritorial (Serter) Kodam IM pada tahun 2020 yang lalu yang hingga kini dibina Kodim 0103/Aceh Utara.

Laporan Zaki Mubarak | Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON - Kelompok Tani atau Poktan Ikan Patin Keramba Jaring Apung di Desa Tanjung Dalam Selatan, Kecamatan Langkahan, Aceh Aceh Utara kembali menabur 10 ribu bibit ikan. 

Penaburan ini dilakukan, Minggu (18/7/2021).

Poktan Ikan Patin ini merupakan Cluster Perikanan salah satu sasaran dari kegiatan Serbuan Teritorial (Serter) Kodam IM pada tahun 2020 yang lalu yang hingga kini dibina Kodim 0103/Aceh Utara.

Menurut Komandan Kodim 0103/Aceh Utara, Letkol Arm Oke Kistiyanto SAP, mengatakan saat masa pandemi Covid-19 membuat ekonomi terpuruk sehingga menuntut masyarakat bisa melihat peluang untuk berwirausaha.

Salah satunya dengan dengan melakukan budidaya ikan patin.

"Selain mudah dalam perawatan, ikan Patin juga mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi," kata Letkol Arm Oke Kistiyanto, kepada Serambinews.com, Minggu (18/7/2021).

Ikan patin, lanjut Letkol Arm Oke Kistiyanto, memiliki potensi pasar yang sangat tinggi.

Pemanfaatan ikan patin ini bisa diolah untuk berbagi macam jenis masakan dan kandungan gizinya sangat tinggi.

"Kami akan terus mendukung upaya-upaya perkuatan ekonomi rumah tangga, harapan ke depan, budidaya seperti ini terus dikembangkan dan bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain," harap Dandim.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Ikan Patin Desa Tanjung Dalam Selatan, Langkahan, Abdullah (45) mengatakan benih yang ditabur 10 ribu ekor yang dibelinya dari hasil panen sebelumnya.

"Alhamdulillah, di tengah masa sulit ini kami masih memiliki harapan untuk mencukupi kebutuhan sehari hari dari hasil budidaya ikan patin ini," kata Abdullah di dampingi Babinsa Koramil 28/Langkahan Serda Syamsuddin.

Umur ikan patin yang ideal untuk pasar Indonesia adalah sekitar 4 sampai 5 bulan dengan bobot sekitar 500 gram sampai 1 kg per ekor.

"Mudah-mudahan ini dapat berjalan dengan baik sampai masa panen nantinya," pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved